Warga Malo Panen Minyak Mentah

user
samian 19 September 2021, 17:23 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Bojonegoro - Pipa distribusi minyak mentah milik Pertamina EP Field Cepu kembali mengalami kebocoran. Kali ini, lokasinya turut Dusun Ngelo, Desa Tambakromo, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pipa tersebut melintang diatas kali (sungai kecil) dan menempel pada badan jembatan. Sehingga minyak meluber dan mengalir di sepanjang aliran air kali tersebut.

Warga setempat memanfaatkan luberan minyak di kali untuk dipanen. "Panen minyak, Mas," kata Pasiran warga Desa Ngelo, Minggu (19/9/2021).

Saat di lokasi, Pasiran menyampaikan, bahwa rembesan minyak dari pipa hingga ke kali tersebut diketahui sekitar pukul 06.30 WIB.

"Kemungkinan terjadi sejak malam tadi. Awalnya saya tidak berani ambil minyak," ujarnya.

Namun, sekitar pukul 8 pagi, dia diajak rekannya rombongan untuk ikut memanen minyak dari kali. Karena sebagai pemilik lahan.

"Kami rombongan tiga orang. Minyaknya dikumpulkan di sini baru nanti diangkut," ujar pria paruh baya ini.

Menurutnya, sejak pagi sudah banyak warga yang mengambil minyak. Baru sekitar pukul 09.00 WIB, tim datang di lokasi untuk melakukan penanganan.

"Minyak yang meluber di kali, disedot menggunakan alat yang langsung masuk kedalam truk tangki," ungkapnya.

Informasi dihimpun di lapangan menyebutkan, pipa tersebut berasal dari lapangan Banyuurip di Kecamatan Malo. Menuju penampungan minyak Pertamina EP di Cepu, Jawa Tengah. Kebocoran itu terjadi diduga pipa distribusi mengalami korosi. Hingga sore ini, petugas masih berusaha melakukan pembersihan kali dan perbaikan pipa.

Terpisah, Cepu Field Manager Agung Wibowo, saat dikonfirmasi mengaku, masih menyiapkan statetemen.

"Ini sedang disiapkan," ujarnya melalui pesan singkat. (Ams)

Kredit

Bagikan