3 KKKS Gelar Lokakarya Jurnalistik Migas

user
nugroho 05 Desember 2011, 12:51 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - D Suko Nugroho

Tiga kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP. Migas) bersama Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS) mengadakan Lokakarya Jurnalistik tentang Migas, di Hotel Novotel Surabaya, Sabtu (3/2). Tiga KKS itu adalah Mobil Cepu Limited (MCL), Operator Migas Blok Cepu, Join Operating Body Pertamina – PetroChina East Java (JOBP-PEJ), Operator Migas Blok Tuban, dan Pertamina Wilayah Cepu.

Kegiatan ini di ikuti 31 wartawan dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Gersik, Jawa Timur (Jatim) dan Blora Jawa Tengah (Jateng). Juga perwakilan Bagian Humas di masing-masing lingkup kabupaten.

Lokakarya dibuka Kepala BP. Migas Jawa, Papua, dan Maluku (Japalu) Hadi Prasetyo. Tampak hadir Field Public and Government Affairs Manager MCL, Rexy Mawardijaya, Field Admin JOBP-PEJ, Hartanto, dan Tiara , hubungan masyarakat (Humas) Pertamina EP Cepu.

“Diharapkan media dapat menjadi edukasi masyarakat dalam menyampaikan berita, khususnya tentang Migas,” ujar Hadi Prasetyo.

Pada bagian lain, Field Admin JOBP-PEJ, Hartanto menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai sarana untuk meningkatkan kerja sama antara KKS dengan media dalam ikut membantu memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang migas.

“Semoga PIAR dengan wartawan dapat menciptakan sinergitas dalam pengembangan pranata sosial untuk mendukung kelangsungan energi nasional,” sambung Hartanto ketika memberikan sambutan.

Senada juga dikatakan Field Public and Government Affairs Manager MCL, Rexy Mawardijaya. Menurut dia, kegiatan lokakarya Jurnalistik ini merupakan program cluster communication (kelompok komunikasi) Bojonegoro I yang dilaksanakan oleh 3 KKKS bersama BP. Migas dan LPDS. Kedepan, kluster komunikasi bukan hanya melaksanakan program seperti ini saja. Melainkan program pemberdayaan masyarakat di satu irisan yang bisa digabungkan.

“Semoga kegiatan seperti ini akan semakin meningkatkan hubungan baik antar perusahaan KKKS,” harapnya.

Untuk tahun I, lanjut Rexy, MCL menjadi ketua dalam cluster komunikasi Bojonegoro ini. Namun, untuk tahun berikutnya bisa berubah ke JOBP-PEJ atau ke Pertamina EP Cepu.

Dalam lokakarya jurnalistik ini, para kuli tinta memperoleh wawasan tentang perkembangan tata kelola migas di Indonesia yang disampaikan Rovicky Dwi

Putrohari, Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI). Kemudian, materi tentang analisa isi dan pemetaan karya jurnalistik mengenai tata kelola energi, termasuk pemanfaatan migas berbasis database online yang disampaikan Direktur LPDS, Priyambodo HS.

Selain itu, dalam lokakarya itu para jurnalis juga diajak membedah kasus-kasus riel karya jurnalistik yang disampaikan Atmahkusuma Atraatmadja, Ketua Dewan Pers dan pengamatan peliputan pers tentang tata kelola energi, utamanya migas oleh Ridwan Nyak Baik, pengajar LPDS.

Dalam lokakarya ini, para peserta menonton bareng film "Death in Gaza" dan berdiskusi yang diapndu Priyambodo RH dan Atamahkusumah Atraadmadja. Juga kegiatan outbond yang dilaksanakan di Lapangan Basket di Hotel Novotel.

 

Kredit

Bagikan