PPSDM Migas Gelar Pelatihan SML Tingkat Koordinator Perencanaan Pelaksanaan dan Pengawasan Lingkungan

user
nugroho 09 Agustus 2022, 15:00 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) concern mengenai peningkatan kualitas lingkungan. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang membahas tentang system manajemen untuk berencana, menjadwalkan, menerapkan, dan memantau kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan.

Untuk meningkatkan pemahaman tersebut, PPSDM Migas mengadakan pelatihan SML Tingkat Koordinator Perencanaan Pelaksanaan dan Pengawasan Lingkungan bagi pekerja di industri minyak dan gas bumi (Migas) pada Senin (1/8/2022).

Suntoro, pemimpin pelatihan menjelaskan, pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan teori dan praktis terkait Sistem Manajemen Lingkungan. Tujuannya agar peserta mampu menerapkan Peraturan Perundangan Lingkungan, menerapkan identifikasi aspek dampak lingkungan, menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan dan melakukan koordinasi dalam pengelolaan dan penanganan limbah.

"Selain itu sebagai coordinator, mereka harus mampu melakukan pengawasan dan pemantauan lingkungan terhadap kegiatan industri migas,” ungkapnya.

Pada pelatihan tersebut peserta disyaratkan untuk memiliki ijasah minimal setingkat D3, dengan pengalaman kerja minimal 1 tahun di bidang yang berhubungan dengan perencanaan dan pengelolaan lingkungan. Selain itu, mereka juga memiliki Sertifikat Pelatihan Berbasis Kompetensi pada jabatan Koordinator Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengawasan Lingkungan.

Materi pada pelatihan ini meliputi Peraturan Perundang-undangan Lingkungan Hidup, Identifikasi Dampak Kegiatan Industri Migas, Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan Sektor Hulu dan Hilir, Pengetahuan Dasar Amdal serta Pengelolaan Limbah Industri Migas.(adv/suko)

Kredit

Bagikan