Dinas ESDM Riau Perdalam Pengetahuan Pengambilan Contoh dan Pengujian Air di PPSDM Migas

user
nugroho 29 Juli 2022, 11:06 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Air merupakan suatu senyawa kimia H20 yang sangat istimewa karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa Hidrogen (H2) dan senyawa (O2). Air merupakan sumber daya yang tak tergantikan dan meskipun tergolong renewable energy tetapi semakin terbatasnya jumlah air tawar karena meningkatnya pencemaran sehingga diperlukan upaya menjaga kualitas air.

Mengantisipasi hal itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau mengadakan pelatihan Pengambilan Contoh dan Pengujian Air selama empat hari dimulai pada Senin (18/7/2022).

Rieza Mahendra Kusuma, pemimpin pelatihan menjelaskan dalam pelatihan ini peserta diberikan beberapa materi, salah satunya adalah tentang bahan pencemar perairan. Pencemaran yang dimaksud adalah masuknya bahan yang tidak diinginkan ke dalam air (oleh kegiatan manusia dan atau secara alami) atau bila dikaitkan dengan baku mutu (PP 22 Th 2021).

Menurut dia, air tercemar jika tidak memenuhi baku mutu bisa mengakibatkan turunnya kualitas air tersebut sehingga tidak dapat digunakan sesuai denga peruntukannya.

"Dengan pelatihan ini diiharapkan peserta pada akhirnya dapat memahami pengetahuan teknis tentang pengambilan contoh dan pengujian air dan air limbah," ujarnya.

Sedangkan materi lainnya yang diberikan adalah Pengetahuan tentang Air, Aplikasi K3LL di Laboratorium dan Lapangan Migas, Sistem Mutu dan Perencanaan Sampling, Pengawasan Mutu Hasil Uji, Metode Uji Air Secara Instrumental, Teknik Sampling Air dan Air Limbah, dan Praktek Pengujian Air.(adv/suko)

Kredit

Bagikan