PT. PHE ONWJ Ikuti Pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik 1 di PPSDM Migas

user
nugroho 07 Juli 2022, 10:36 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Teknisi Perawatan Mekanik 1 merupakan petugas yang bertanggung jawab untuk menginspeksi alat bantu angkut berat. Kegiatan ini dilakukan pada aktivitas pengolahan minyak dan gas (Migas) dengan teknik yang sesuai standar sehingga dapat menjamin pengoperasian alat bantu angkat dengan selamat dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Untuk mendukung pemahaman tersebut maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) mengadakan pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik Tingkat 1 untuk PT. PHE ONWJ yang dilaksanakan pada Senin (4/7/2022) lalu.

Dheny Prima Kurniawan, sebagai pemateri pada Teknisi Perawatan Mekanik Tingkat 1 menjelaskan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di industri migas dan alat bantu angkat.

"Bahaya di tempat kerja dapat ditimbulkan dari berbagai aspek yang ada seperti, bahaya yang ditimbulkan dari manusia yang dapat mencelakai orang lain, ceroboh atau tidak berkompeten dibidangnya. Kemudian bahaya dari lingkungan contohnya, adanya kebocoran atau cuaca buruk. Bahaya juga dapat muncul dari peralatan contohnya, tangan bisa terjepit atau terpotong," ungkapnya.

Kemudian Yamu'alim, selaku pemateri selanjutnya menjelaskan mengenai Static Equipment di Pipa.

"Dalam pemilihan pipa yang akan digunakan maka harus memperhatikan material pipa yang digunakan, jenis pipa berasal dari proses pembentukan pipa apa saja, dimensi pipa terutama pada ketebalan dinding dan yang terakhir bentuk ujung pipa untuk penyambungan antara pipa satu dengan yang lainnya," jelasnya.

Selain itu Pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik Tingkat 1 dilengkapi dengan materi lainnya tentang Tools dan juga Rotating Equipment.(adv/suko)

Kredit

Bagikan