Mahasiswa PEM Akamigas Dilatih Pemboran Tingkat Juru Bor di PPSDM Migas

user
nugroho 04 Juli 2022, 10:33 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Kontrol tekanan formasi yang biasa disebut sebagai penjagaan tekanan di dalam sumur dengan mengontrol sumur harus dilakukan agar terhindar dari bahaya yang dapat menimbulkan kerugian.

Mengingat pentingnya hal ini, PEM Akamigas mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti pelatihan Pemboran Tingkat Juru Bor di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas). Pelatihan yang dimulai pada Senin (27/6/22) ini dilaksanakan selama dua hari secara offline.

Pemimpin pelatihan, Joko mengungkkan bahwa bekerja di industri minyak dan gas bumi (Migas) itu mempunyai risiko tinggi sehingga personel harus menguasai tidak hanya teori tetapi juga memraktekkan secara langsung upaya pencegahan bahaya di lapangan.

“Iya betul, tujuan dari pelatihan ini adalah memberi pengetahuan secara Teori dan Praktek kepada peserta pelatihan dalam operasi workover completion, terutama berkaitan dengan usaha-usaha pencegahan terjadinya semburan liar (blow out),” tuturnya sesuai pelatihan.

“Karena jika control tekanan sumur hilang, maka Tindakan cepat harus diambil untuk menghindari ledakan. Beberapa contohnya adalah kehilangan nyawa, kehilangan rig dan peralatan, kehilangan fluida reservoir, kerusakan lingkungan dan banyak lagi yang lainnya,” lanjut Joko mengungjapkan.

Selama dua hari peserta mendapatkan materi tentang Well Control Technique, Well Control Simulation, Well Control Equipment, Drilling Operation, dan Well Control Simulation di Laboratorium Pemboran PPSDM Migas. (Adv/suko)

Kredit

Bagikan