Pertamina Hulu Energi Temukan Cadangan Minyak di 3 Sumur Baru

user
Suko Nugroho Sbu 18 Agustus 2022, 14:22 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro – Pertamina Hulu Energi (PHE) menemukan sumur migas cadangan baru di lepas pantai. Temuan cadangan baru melalui pengeboran di tiga sumur baru, diantaranya Eksplorasi R-2, Bajakah-001, dan Markisa-001.

Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE)-Subholding Upstream, Medy Kurniawan mengatakan, aktivitas eksplorasi secara konsisten berkomitmen berkontribusi dalam mencapai ketahanan energi nasional. Ini terbukti dengan penemuan cadangan baru melalui pengeboran sumur Eksplorasi R-2 yang terletak di offshore Aceh bagian Barat, Bajakah-001 yang terletak di onshore Jawa Barat bagian Utara dan Markisa-001 yang terletak di onshore Salawati Papua.

“Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) telah merampungkan 8 sumur dan 7 sumur on going yang akan dilanjutkan dengan uji alir. Kami berharap target penyelesaian 29 sumur di akhir tahun dapat tercapai dan membuahkan hasil yang maksimal,” katanya sebagaimana dikutip dari laman Pertamina.com.

Dia mengatakan, pada tahun 2021, Subholding Upstream juga berhasil melakukan pengeboran sumur eksplorasi sebanyak 12 sumur. Tahun 2022, Subholding Upstream berupaya meningkatkan kinerja secara masif dan agresif melalui rencana kerja pengeboran sumur eksplorasi sebanyak 29 sumur, atau 242% dibandingkan dengan realisasi tahun 2021.

Berita Terkait
Kado Hari Kemerdekaan, Pertamina Temukan Cadangan Hidrokarbon di Sumur Markisa
Pertamina Berhasil Tingkatkan Produksi 965 MBOEPD
Temuan cadangan baru dari 3 sumur eksplorasi ini melengkapi keberhasilan temuan cadangan sebelumnya di Semester-1 pada tahun 2022. Diantaranya, sumur Sungai Gelam Timur-1 di Jambi, Wilela-001 di Sumatera Selatan, GQX-1 di Jawa Barat Bagian Utara dan Manpatu-1X di Mahakam.

“Adapun sukses rasio pengeboran Ytd Agustus 2022 mencapai 70%. Tentunya sukses ini andil dari seleuruh pihak terkait baik internal maupun eksternal,” katanya.(jk)

Credits

Bagikan