Warga Mojodelik Mulai Rasakan Manfaat Gas Rumah Tangga

user
Nugroho 19 September 2022, 20:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Sebanyak 1.000 kepala keluarga (KK) di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur sudah mulai bisa menikmati jargas (jaringan gas) rumah tangga. Namun, sebagian warga mengeluhkan pembayaran jargas terlalu mahal.

"Jargas mulai bisa digunakan warga Mojodelik semenjak April 2022 lalu," Kepala Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam Yuntik Rahayu.

Dia mengatakan, konsumen gas untuk rumah tangga juga sudah membayar biaya bulanan, yakni sebesar Rp 75 ribu per bulan. Akan tetapi pembayaran gas rumah tangga tergantung penggunaan setiap konsumen.

"Ada sebagian warga yang merasa kemahalan bayarnya. Karena baru, kemungkinan jargas belum stabil," katanya, Senin (19/9/2022).

Yuntik menjelaskan, selain ada warga sudah membayar bulanan, namun ada juga yang belum bisa membayar biaya tagihan karena belum terdaftar. Takutnya, kata dia, jika warga sudah terdaftar sebagai pelanggan bayarnya ditotal, karena sebelumnya belum bisa membayar tagihan gas rumah tangga.

"Ada warga yang belum terdaftar. Ditakutkan warga nanti pasti waktu sudah terdaftar bayarnya ditotal banyak karena sebelumnya belum bisa bayar," katanya.

Dia mengatakan, ada sebanyak 1.000 KK di Mojodelik yang sudah menjadi pelanggan gas rumah tangga. Dengan adanya gas rumah tangga ini bisa membantu kegiatan warga Mojodelik dalam keperluan dapur.

"Jadi tidak takut kehabisan gas di malam hari. Juga, tidak perlu mondar mandir tukar tabung gas jika habis," katanya.

Kepala Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam Rachmad Aksan mengatakan, gas rumah tangga sudah bisa digunakan warga di tahun ini.

"Desa di Kecamatan Gayam yang menerima gas rumah tangga sudah mulai menerima manfaatnya," katanya.

Untuk diketahui, ada tiga kecamatan yang menerima jargas yaknj wilayah Kota Bojonegoro, Gayam dan Ngasem. Rinciannya, 6.000 SR di wilayah Gayam dan Ngasem, 4.000 SR di Kecamatan Bojonegoro. Sedangkan, untuk Kecamatan Gayam meliputi Desa Beged, Bonorejo, Brabowan, Mojodelik, Gayam, Ringintunggal kemudian Kecamatan Ngasem, ada Desa Bandungrejo dan Jelu.(jk)

Credits

Bagikan