Upacara Virtual Hari Jadi ke 77 Pertambangan dan Energi Dihadiri Seluruh Satker KESDM

user
Nugroho 05 Oktober 2022, 14:06 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Peringatan Hari Jadi ke 77 Pertambangan dan Energi mengusung tema energi bangkit untuk lebih kuat. Dalam perjalanan sejarah peralihan penguasaan sektor pertambangan dan energi dari tangan penjajah ke bangsa Indonesia adalah peristiwa penting sehingga dijadikan tombak sejarah sebagai hari pertambangan dan energi pada tanggal 28 September 1945.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengadakan upacara Hari Jadi ke 77 Pertambangan dan Energi yang dihadiri Menteri ESDM, Arifin Tasrif beserta seluruh jajarannya.

Dalam sambutannya Menteri Arifin berharap agar sektor Kementerian ESDM mampu bangkit dan menghadapi tantangan global dan bangkit dari Covid- 19 sehingga dapat mengelola, mengendalikan dan memanfaatkam sumber daya energi dan mineral secara maksimal demi tercapainya kemandirian dan ketahanan energi serta pembangunan nasional untuk sebesar besarnya demi kepentingan masyarakat bangsa dan negara.

“Saat ini kebijakan sektor KESDM diarahkan pada transisi energi yang berkelanjutan dan berkeadilan untuk mendukung pertumbuhan ekomoni serta mendorong pengembangan industri. Adapun arah kebijakan diprioritaskan pada ketersediaan energi dengan memaksimalkan pemanfaatan energi terbaru dengan harga yang terjangkau dan kegiatan ekstraktif yang ramah lingkungan,” tuturnya.

Menteri ESDM menjelaskan bahwa pemerintah juga perlu menjaga program-program yang bersentuhan langsung dengan rakyat, antara lain BBM 1 Harga, jaringan gas, alat penyalur biaya listrik, penerangan jalan umum tenaga surya, dan kegiatan kegiatan pro rakyat lainnya. Selain itu juga harus membangun infrastruktur energi antara lain transmisi untuk menjaga ketersediaan energi bagi seluruh masyarakat kita setanah air.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2022 yang telah berjasa memulihkan dampak kemajuan khususnya di sektor energi dan sumber daya mineral. Saya harapkan setiap insan ESDM dapat berkarya dan meningkatkan kinerja melalui inovasi secara cepat, cermat dan produktif sehingga sektor KESDM dapat terus berkontribusi maksimal pada pertumbuhan ekomoni,” harapnya.(adv/suko)

Berikut Penerima Penganugerahan penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2022:

1. Iman Kartolaksono Reksowardojo dengan penelitian berjudul Meneliti dan Mengembangan Bahan Bakar Nabati Campuran sampai dengan 30% Biodiesel (B30).

2. Paulus Tjakrawan, Ketua Harian Aprobi dengan Mengembangankan Biodiesel Indonesia sejak mulai dirintis sampai diimplementasikan pencampuran 30% (B3).

3. Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM dengan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ditjen Ketenagalistrikan dengan mendapatkan penghargaan top 15 Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.

4. Sri Wahyuni dari PT Swen Inovasi Transfer sebagai salah satu pioneer dalam merancang dan mengembangkan reactor biogas berbahan serat kaca (fiberglass) yang telah beroperasi sejak tahun 2007.

5.Biro Sumber Daya Manusia dari Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM dengan menciptakan inovasi dalam percepatan pelaksanaan manajemen ASN di lingkungan Kementerian ESDM.

6. Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Biro KLIK dari Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM dengan pengelolaan pengaduan pelayanan public di lingkungan Kementerian ESDM sehingga masuk dalam TOP 30 peserta terbaik pengelola pengaduan terbaik nasional.

7. Ngantor Pusdatin dari Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM dengan mengintegrasikan berbagai modul perkantoran secara informatif melalui aplikasi NGANTOR (Next Generation Application to Increase Productivity).

8. Itjen Learning Centre dari Inspektorat Jenderal Kementerian ESDM sebagai innovator pembuatan terkati pengawasan yang diikuti oleh APIP seluruh Indonesia.

9. APPLE Gatrik Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM sebagai innovator aplikasi APPLE-Gatrik yang memudahkan perusahaan pembangkit tenaga listrik untuk menghitung dan melaporkan emisi dan mitigasi Gas Rumah Kaca (GRK).

10. Mochamad Soleh dari PT Indonesia Power dengan mengembangkan Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) / Solid Recovered Fuel (SRF) yang dipergunakan pada cofiring biomass di PLTU.

11. QREEN dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM dengan Inovator QREEN (Quick Response Energy) yaitu aplikasi pemanfaatan EBT untuk solusi cepat dalam keadaan darurat.

12. Rikky Rahmat Firdaus dari SKK Migas dengan pengambil alihan WK Rokan dari KKKS PT CPI ke PT Pertamina Hulu.

13. GKM Rinda Emas dari PT Aneka Tambang Tbk. Sebagai innovator aplikasi rinda emas untuk meningkatkan efektivitas proses logging dan sampling pada tahap collecting data ekplorasi emas.

14. PSS Besties dari PT Aneka Tambang Tbk. Karena mempercepat proses kompilasi data ekplorasi bauksit dengan aplikasi database besties.

15. PC Prove PDA (Pertadem’s Double Action) dari PT Pertamina (Persero) dengan meningkatkan kualitas BS & W Crude Oil dan efisiensi penggunaan chemical demulsifier dengan aplikasi produk hasil inovasi RTI “Pertadem B-02” di Sangatta Field, Aset 5 PT Pertamina EP.

16. FT PROVE Thickening Team dari PT Pertamina (Persero) dengan meningkatkan inovasi Cement Slurry merah putih dari hasil riset berkelanjutan untuk pengeboran HWU-Drilling Project di Laboratorium Cementing, Divisi OFS PT Elnusa Tbk.

17. PC PROVE WATERPROOF dari PT Pertamina (Persero) dengan emnurunkan biaya perawatan sarfas dengan mengahbat laju korosi menggunakan Nivea Fiber di DPPU Adi Soemarmo Solo.

18. PC PROVE KRAYAN REBORN oleh PT Pertamina (Pesero) dengan membangkitkan struktur idle dari 0 BPOD menjadi 270 BPOD melalui pengembangan potensi baru LQR (Low Quality Reservoir) di Field Limau PT Pertamina Hulu Rokan.

19. PC PROVE SUPARMAN dari PT Pertamina (Persero) dengan meningkatkan produksi minyak sebesar 3078 BPOD dan cadangan proven sebesar 2337 MBO dengan metode SUPARMAN pada Lapangan Krisna, PHE OSES Zona 6.

20. PC PROVE CERIA dari PT Pertamina (Persero) dengan mewujudkan diversifikasi High Quality Gas Oil Product melalui rekayasa pola operasi dan pengayaan fungsi sarfas Pertadex di Kilang Pertamina International Refinery Unit II Dumai.

21. PC PROVE CuCuBa: Cuan Cuan Bahagia dari PT Pertamina (Persero) dengan bisnis inisiator dalam produksi bahan bakar kapal standart IMO 2022 skala nasional melalui proudksi valuable produk marine Fuel oil low sulfur MFO LS dan MFO LS high viscocity (MFO LS HV) di RU III Plaju.

22. PC PROVE Go Foam dari PT Pertamina (Persero) untuk meningkatkan diversifikasi produk Gas for Antifoam (GO FOAM) di unit CDU RU VI Balongan.

23. Tim PC-Prove ASLI dari PT Pertamina Geothermal Energy untuk meningkatkan efektifitas pembacaaan Flow Chemical Dozing Pump dengan Inovasi DIGIPOT (Digitalisasi Calibration pot) di PGE.

24. Tim FT-Prove Turbine dari PT Geothermal Energy untuk meningkatkan akurasi troubleshoot pada turbine speed sensor dengan inovasi “SIPUT” (Simulator PUtaran Turbine) di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi PGE.

25. Tim Prove UPTO dari PT Pertamina Geothermal Energy untuk mengingkatkan kualitas system air pendingin Closed Cooling Water dengan inovasi alat control dan monitoring berbasis Arduino megad di PGE.

26. Auto Shutter dari PT Perusahaan Gas negara Tbk. Untuk mengoptimalisasi pengelolaan piutang pelanggan prabayar melalui prepaid monitoring system and auto shutter valve di PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

27. PASTI SIP dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Untuk meningkatkan kualitas oil and gas management system dengan shared service SIPGAS di PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

28. PT Indonesia power dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk innovator di bidang pembangkitan yaitu service tool solenoid operated gas admission valve (STOGAV).

29. PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Tengah dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk innovator di bidang transmisi yaitu system informasi gangguan secara realtime berbasis artificial intelligence dengan RTD agar proses pelaporan gangguan dapat disampaikan secara cepat dan akurat.

30. Unit Induk Pusat Penyaluran dan Pengatur Beban Sumatra dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebagai innovator di bidang transmisi dan distribusi yaitu EWARDS (early warning system relay’s travo) untuk mendeteksi gejala gangguan pada relay mekanik trafo daya.

31. PT Pembangkit Jawa Bali dari PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sebagai innovator di bidang pembangkitan yaitu AVATOR (Automatic Vibration Monitor Calibrator) Speical Tool Portable yang terintegrasi untuk mempercepat dan mempermudah kalibrasi vibration monitor.

32. PLN Unit induk Wilayah Paua dan Papua Barat dari PT Perusahaan Listik Negara (Persero) untuk innovator di bidang pembangkitan yaitu super sun (Sorong Ultimate Program for Electrifying – shine untuk negeri) PLTS dalam skala micro/mini.

Kredit

Bagikan