Kuota BBM Jenis Pertalite Ditambah 29,91 Juta Kilo Liter

user
Nugroho 11 Oktober 2022, 21:11 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Jakarta - Pemerintah menambah kuota bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite sebanyak 29,91 juta kilo liter per 1 Oktober 2022. Jumlah itu dinilai akan mencukupi kebutuhan masyarakat sampai akhir tahun.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, pemerintah telah menambah kuota BBM yakni jenis Pertalite dan Solar.

"Untuk JBT Solar menjadi 17,83 juta kilo liter dan 29,91 Juta Kilo Liter untuk JBKP Pertalite per 1 Oktober 2022," katanya, sebagaimana dikutip dari Lemigas.esdm.

Dia mengatakan, pemerintah selain menjamin mutu juga menambah ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebab, beberapa waktu lalu sempat terjadi kekhawatiran masyarakat terkait ketersediaan BBM di wilayah masing-masing yang di proyeksikan akan habis di bulan Oktober untuk JBKP Pertalite dan di bulan November untuk JBT Solar.

"Kami telah menugaskan Badan Usaha Penugasan dalam hal ini adalah PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo untuk mendistribusikan BBM sesuai dengan kuota yang sudah ditetapkan," katanya.

Juga, pemerintah terus menjamin ketersediaan BBM bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, masyarakat tidak lagi khawatir terhadap mutu dan ketersediaan BBM di dalam negeri.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, telah melakukan pengujian BBM jenis Pertalite untuk memastikan mutu dan kualitas standar BBM RON 90. Pengujian sampel BBM Pertalite dilakukan di 6 SPBU.

"Hasilnya telah memenuhi standar dan mutu atau spesifikasi BBM jenis bensin RON 90 yang dipasarkan di dalam negeri sebagaimana Keputusan Dirjen Migas Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017. Dengan ini tidak terindikasi adanya batasan mutu off-spec. Semunya on-spec,” katanya.(jk)

Kredit

Bagikan