Kurangi Emisi Karbon, Pertamina EP Tanam 2.480 Pohon di Blora

user
Nugroho 24 November 2022, 17:42 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pertamina EP Cepu Field dan Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning (ADK) melakukan penanaman ribuan bibit pohon di area kerja Distrik Nglobo dan lapangan ADK, turut Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Ada 2.480 bibit pohon yang ditanam di kerja Distrik Nglobo dan lapangan ADK. Terdiri tanaman aneka buah dan trembesi.

Penanaman pohon selain menjadi bagian dari upaya mengurangi gas emisi karbon, kegiatan ini juga menjadi program International Convention of Indonesia Upstream Oil and Gas 2022 (IOG 2022) yang dilaksanakan di Bali mulai 23 sampai 24 November 2022.

"Sekarang dilakukan serentak seluruh Indonesia secara online," kata Asmen Petroleum Engineering Pertamina EP Cepu Field, Andes Leo Purnomo, Kamis (24/11/2022).

Andes menjelaskan dipilihnya tanaman aneka buah agar nantinya bisa dinikmati hasilnya dan memberikan tambahan ekonomi. Sementara, bibit trembesi dipilih selain memiliki kemampuan besar menyerap karbondioksida (Co2), juga bermanfaat untuk penanggulangan bencana, seperti tanah longsor yang kerap terjadi pada saat musim penghujan.

"Bibit tanaman yang ditanam ini akan dilakukan monitoring secara berkala untuk memastikan pohon tersebut tumbuh dengan baik," tuturnya.

Andes menambahkan, dipilihnya Distrik Nglobo sebagai lokasi penanaman pohon karena di wilayah ini kedepan akan banyak kegiatan.

"Harapannya dengan kita menanam pohon, bisa menjaga hubungan baik dengan masyarakat," ujarnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah, Hariyanto, menyampaikan terima kasih atas program penanaman pohon yang dilakukan Pertamina EP. Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk amal jariyah, karena itu harus dirawat agar tumbuh besar dan memberikan manfaat.

"Setiap pohon yang ditanam bisa menghasilkan oksigen yang dibutuhkan lingkungan, terutama manusia," kata dia mewakili Bupati Blora Arief Rohman.

Selain itu, Hariyanto melanjutkan, penanaman pohon ini juga bisa mencegah erosi lingkungan, dan memberikan kesempatan makhluk hidup lain, termasuk burung-burung. Karena itu ia berpesan agar pohon yang ditanaman jaga dan dirawat.

"Dari Pertamina bilang, nanti setip tiga bulan akan melakukan evaluasi perkembangan dari pohon yang ditanam. Ini bagus sekali," pungkasnya.(ams)

Kredit

Bagikan