Laboratorium Sedimentologi Berikan Pelayanan Analisis Petrologi dan Sedimentologi

user
Sasongko 09 Januari 2023, 17:30 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Jakarta - Lemigas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menawarkan alternatif solusi dalam menjawab berbagai tantangan di industri minyak dan gas bumi (Migas) dengan memberikan pelayanan pengujian dan analisis di sektor hulu dan hilir migas. Salah satunya melalui Laboratorium Sedimentologi.

Hal itu seiring di tengah dinamika perkembangan industri Migas yang sangat tinggi. Sehingga berbagai inovasi diperkenalkan dengan tujuan mendapatkan penemuan sumber daya baru untuk meningkatkan produksi migas.

"Laboratorium Sedimentologi memberikan pelayanan analisis petrologi dan sedimentologi yang memanfaatkan data hasil pemboran dan data singkapan batuan," kata Kepala Lemigas, Ariana Soemanto, dalam siaran resminya.

Dijelaskan, data-data hasil analisis petrologi dan sedimentologi dimanfaatkan untuk mengetahui tipe dan karakteristik litologi, analisis suksesi fasies sedimen, interpretasi lingkungan pengendapan, analisis provenan sumber sedimen, hingga interpretasi tipe reservoir dan heterogenitas.

Selain itu, sejarah diagenesis dan pengontrol perkembangan porositas batuan reservoir juga dianalisis di Laboratorium Sedimentologi. Termasuk gambaran sistem pori (ukuran, bentuk dan tipe) batuan reservoar, identifikasi perkembangan pengisian mineral autijenik pada rongga pori, kehadiran dan proporsi unsur serta mineral yang mempengaruhi sensitivitas reservoar.

"Dan mendukung kegiatan interpretasi log sumuran, informasi ukuran butir untuk desain sand/gravel pack dan lain-lain," ujarnya.

Sementara Koordinator Pengujian Eksplorasi Migas Lemigas, Junita Trivianty menambahkan, bahwa di sektor hulu migas, pelayanan pengujian Lemigas diperkuat dengan Laboratorium Sedimentologi.

"Dimana integrasi hasil analisis laboratorium menghasilkan keluaran analisa karakteristik litologi, fasies sedimen, interpretasi lingkungan pengendapan, proses diagenetik, kualitas dan sensitivitas reservoar, dan sebagainya," tandasnya.

Disebutkan, pelayanan yang terdapat pada Laboratorium Sedimentologi antara lain: Core Storage, Analisa petrography, SEM-EDX-BSE, XRD, XRF, LPSA dan SIEVE.

"Percayakan pengujian sedimentologi anda kepada Lemigas," pungkasnya.(sam)

Kredit

Bagikan