Pertamina Mulai Pindahkan Rig PDSI 04.3 dan Alat Berat ke Mudi Tuban

user
Sasongko 12 Januari 2023, 19:35 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Tuban - Proses awal pengeboran Sumur Mudi-10ST2 dan Mudi-27 telah dimulai. Ini terlihat dari adanya mobilisasi peralatan berat dan Rig milik Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) menuju lokasi yang terletak di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) Zona 11 Regional 4 PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC), Sub Holding Upstream melalui Public Relation, Muhammad Ulin Najah mengatakan, bahwa kegiatan pemindahan rig telah dimulai sejak kemarin.

"Sejak kemarin Rabu (11/01/2023) kami mulai melaksanakan kegiatan mobilisasi Rig PDSI 04.3 dari lokasi Kolibri 001 menuju Mudi Pad A Desa Rahayu," katanya kepada SuaraBanyuurip.com, Kamis (12/01/2023).

Dijelaskan, bahwa seluruh proses sosialisasi, koordinasi dan perizinan sebelumnya telah dilaksanakan dengan berbagai pihak. Sosialisasi terakhir salah satunya digelar di Pendapa Kecamatan Soko, Selasa 3 Januari 2023.

Selain itu, kegiatan mobilisasi ini dilaksanakan dengan dukungan pengamanan dan pengawalan dari TNI dan Polri serta masyarakat sekitar jalur mobilisasi. Flagman juga ditempatkan di titik rawan. Tak hanya itu, pihaknya menyebut juga berkoordinasi  perusahaan-perusahaan pengelola utilitas umum, PLN misalnya.

"Harapannya apabila ada kerusakan minor yang tidak terduga dapat segera dibenahi dalam waktu yang singkat," ujarnya.

Terpisah, Senior Engineering Drilling Zona 11 Regional 4 PHE TEJ, Dhony Afriyantho mengatakan, bahwa jenis Rig yang dimobilisasi adalah rig PDSI 04.3 berkapasitas 1.500 HP.

Rute yang diambil untuk mobilisasi yaitu dari Sumur Migas Kolibri KOL 001 Desa Bondol,.Kecamatan Ngambon, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menuju ke Pad A Lapangan Mudi di Desa Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban.

"Check poinnya di SPBU Pekuwon Rengel untuk dilakukan inspeksi," ucapnya.(fin)

Kredit

Bagikan