Peringati Bulan K3, Ditjen Migas Adakan Berbagai Kegiatan

user
Nugroho 12 Januari 2023, 20:30 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Jakarta - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan tema, “Peran Keselamatan Migas Dalam Era Transisi Energi demi Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”. Kegiatan ini untuk memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2023 yang akan berlangsung dari tanggal 12 Januari hingga 12 Februari 2023.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji ketika membuka rangkaian kegiatan ini di halaman Gedung Ibnu Sutowo, Jakarta, Kamis petang (12/1/2023), menegaskan bahwa Kementerian ESDM terus menggaungkan pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja kepada KKKS, Badan Usaha Hilir Migas dan Usaha Penunjang Migas, di mana khusus pada subsektor migas, Keselamatan Migas terdiri dari Keselamatan Pekerja, Keselamatan Instalasi, Keselamatan Lingkungan dan Keselamatan Umum.

”Industri migas merupakan industri yang beresiko tinggi. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita sebagai keluarga besar Ditjen Migas yang merupakan Pembina dan Pengawas pada kegiatan usaha migas untuk memiliki pemahaman serta penerapan budaya K3 yang baik,” kata Dirjen Migas didampingi oleh Sesditjen Migas Setyorini Tri Hutami dan Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra, serta Direktur Pembinaan Program Migas Mustafid Gunawan.

Keselamatan di industri migas, lanjut Tutuka, merupakan budaya yang melekat dan lebih berakar dibandingkan industri lainnya. Industri migas telah lebih dari 120 tahun beraksi di dunia internasional, di mana perusahaan-perusahaan multinasional menerapkan budaya keselamatan sangat tinggi.

Tutuka menegaskan, K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. Sangat penting menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang tentunya bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas.

Tutuka juga mengingatkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja yang komprehensif untuk seluruh pegawai Ditjen Migas.

“Keselamatan tidak terlepas dari kesehatan. Orang yang sehat akan memperhatikan keselamatan dengan lebih baik. Keselamatan di tempat kerja, didukung oleh keselamatan di rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan baik di rumah maupun tempat kerja secara komprehensif. Keseimbangan antara bekerja, di rumah, serta waktu untuk beristirahat, harus dapat diciptakan secara perlahan-lahan dengan program yang tepat,” ungkapnya.

Melalui rangkaian acara yang diselenggarakan selama sebulan ini, pihaknya mengharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 pada bidang pekerjaan masing-masing. Selain itu juga meningkatkan partisipasi keluarga besar Ditjen Migas dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha migas demi mendorong pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Secara khusus, saya juga berharap rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran terhadap budaya keselamatan kerja migas yang terdiri dari keselamatan pekerja, instalasi, lingkungan dan umum, serta kita menjadi mampu menerapkan budaya tersebut dalam kehidupan kita, baik sebagai pegawai Ditjen Migas maupun sebagai pribadi,” tambahnya dikutip dari laman resmi Ditjen Migas.

Direktur Teknik dan Lingkungan Migas Mirza Mahendra menambahkan, pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2023 ini berpedoman pada petunjuk pelaksanaan yang tercantum dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 135 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional Tahun 2023 dengan tema pokok: Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.

"Selanjutnya sebagai wujud komitmen Ditjen Migas terhadap Bulan K3 Nasional 2023, kita mengangkat subtema: Peran Keselamatan Migas Dalam Era Transisi Energi demi Terwujudnya Pekerjaan Layak Yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja. Subtema ini erat kaitannya dengan salah satu visi dan misi Ditjen Migas dalam mengelola kegiatan usaha Migas yang andal, aman dan akrab lingkungan,” jelas Mirza.

Untuk menyemarakkan bulan K3 Nasional tahun 2023 ini, Ditjen Migas mengadakan sejumlah kegiatan baik eksternal yang melibatkan stakeholder yaitu Ditjen Migas Walk Through, Breakfast Meeting bersama para Kepala Teknik Migas dan lomba video K3. Untuk kegiatan K3 internal pegawai, antara lain Emergency Drill, Sharing Knowledge penggunaan APAR dalam kehidupan sehari-hari, KOPI SENJA dengan tema Kesehatan Mental (work/life balance), lomba Bersama Turunkan Berat Badan, senam kesegaran jasmani, cek kesehatan, serta donor darah yang dimeriahkan oleh bazaar dan penampilan Migascoustic.(suko)

Kredit

Bagikan