Produk Organic Foaming Agent, Mampu Atasi Water Blocking Sumur Gas

user
Sasongko 16 Januari 2023, 16:30 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Jakarta - Produk organic foaming agent, merupakan hasil inovasi Lemigas Kementerian ESDM, mampu mengatasi permasalahan water blocking dalam sumur gas dengan kandungan aditif organik, yang aman bagi reservoar, peralatan produksi, dan ramah lingkungan.

"Laboratorium eksploitasi Lemigas mengolah umbi porang dan asam lemak nabati turunan CPO, menjadi produk organic foaming agent yang mampu mentransformasi air menjadi foam untuk menurunkan densitas air, sehingga gas mampu mengalir dan terproduksi kembali," kata Kepala Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi Lemigas, Ariana Soemanto, dikutip dari siaran persnya, Senin (16/01/2023).

Dijelaskan, bahwa banyak sumur gas yang mengalami water blocking akibat penipisan alami, penerobosan air dan kepasiran di dalam formasi, berupa cairan yang mengumpul di lubang sumur. Hal tersebut mengakibatkan adanya peningkatan tekanan hidrostatik dan back pressure ke dalam formasi.

"Sehingga produksi gas akan mengalami penurunan secara signifikan, dan kemungkinan terburuk sumur akan mati," ungkapnya.

Sementara Pelaksana Harian Koordinator Pengujian Eksploitasi Minyak dan Gas Bumi, Yohannes B. Doi Wange mengungkapkan, bahwa senyawa foaming agent ini juga tahan temperatur dan salinitas tinggi, serta kompatibel dengan air formasi.

"Inovasi ini ialah solusi terbaik untuk masalah water blocking pada sumur gas," imbuhnya.

Inovasi organic foaming agent, hingga saat ini telah dikembangkan lebih lanjut melalui pengujian terhadap beberapa sampel air formasi, baik dari sumur gas maupun minyak.

"Harapannya inovasi teknologi ini mampu menjadi alternatif untuk membantu kelancaran operasional produksi sumur gas," pungkasnya.(sam)

Kredit

Bagikan