Demi Pengelolaan Migas yang Baik, Kementerian ESDM Terbuka dengan Masukan KKKS

user
Sasongko 22 Januari 2023, 15:30 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) bersikap terbuka terhadap masukan dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dan terkait demi terciptanya pengelolaan migas yang lebih baik. Juga terus mendorong peningkatan produksi minyak dan gas bumi (Migas) nasional.

"Tentu kami terbuka dengan masukan-masukan dan akan melakukan apa yang menjadi pekerjaan kami," kata Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariaji, dalam siaran persnya.

Tutuka meminta, agar KKKS juga bekerja sama dengan menyiapkan data yang diperlukan. Sebagai upaya memperbaiki dan menindaklanjuti masukan-masukan tersebut.

"Jika kami minta data, tolong disampaikan karena kami perlu data untuk bertemu kementerian yang lain, dan menyusun kebijakan yang tepat," tandasnya.

Diharapkan dengan perbaikan kebijakan ini, dapat tercipta iklim investasi migas yang lebih kondusif. Dicontohkan, untuk meningkatkan iklim investasi Migas, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) ESDM tentang Gas Suar, dan pengelolaan Migas Konvensional serta Non Konvensional.

Dalam operasi Migas, merupakan kegiatan yang resikonya sangat tinggi. Untuk mewujudkan produktivitas kerja yang optimal, semua pihak perlu memahami pentingnya Health, Safety, Security and Environment (HSSE) atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Namun hingga kini, kegiatan yang dilakukan operator cukup lancar dengan hasil yang bagus.

"Industri Migas sangat rentan terhadap kecelakaan, tetapi juga paling berpengalaman dibandingkan industri lainnya di dunia. Industri Migas sudah berlangsung lebih dari 125 tahun. K3 menjadi nomor satu dalam industri Migas," tegasnya.(sam)

Kredit

Bagikan