Target SKK Migas Tanam 2 Juta Pohon 2023 Baru Tercapai 6,7 Persen

user
Sasongko 28 April 2023, 19:20 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan, bahwa target penanaman 2 juta pohon tahun 2023 baru tercapai 6,7 persen. Target ini berada dalam program Low Carbon Initiative.

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko mengatakan, perihal Low Carbon Initiative, pihaknya mentargetkan penanaman 2 juta pohon untuk tahun 2023 yang berpotensi mampu menyerap emisi karbon sebanyak 265 ribu ton CO2 per tahun.

"Meski terlihat mengkawatirkan, karena hingga 31 Maret 2023 baru tertanam 133 ribu pohon atau 6,7 persen dari target tanam 2 juta pohon, tetapi memang secara natural seperti itu untuk penanaman pohon," kata Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko kepada SuaraBanyuurip.com via aplikasi zoom, Jumat (28/04/2023).

Dijelaskan, di quarter pertama (Q1) biasanya semua Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sedang melakukan masa persiapan. Termasuk tender untuk kontraktor pelaksana. Pada Q2 pelaksanaan tender sudah selesai dan memasuki proses penyiapan bibit pohon. Lalu pada Q3 penamanan sudah mulai masif.

Alasan penanaman pohon ini menunggu diĀ  Q3 dan Q4, kata Rudi, sebab KKKS menunggu musim penghujan. Karena kalau ditanam di Q2 atau Q3 awal biasanya masih berada dalam musim kemarau dimana suhunya panas. Dari kebiasaan, jika penanaman pohon dilakukan di musim kemarau tercatat memiliki kegagalan yang cukup tinggi.

"Jadi kami tetap yakin bahwa hingga akhir tahun nanti akan tercapai (tanam) 2 juta pohon. Bahkan Insyaallah bisa lebih dari itu," tegasnya.(fin)

Kredit

Bagikan