49 Klub Ikuti Turnamen Sepak Bola Usia Dini POM Jatim di Stadion Gayam

user
Nugroho 03 Desember 2022, 10:44 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Bojonegoro - Stadion mini Desa Gayam, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, dipilih sebagai lokasi turnamen sepak bola usia dini yang diselanggarakan Penggerak Olahraga Masyarakat (POM) Provinsi Jawa Timur Seasion 1.

Sebanyak 49 klub dari kabupaten dan kota di Jatim berlaga di lapangan sepak bola yang berada di desa ring satu lapangan minyak Banyu Urip, Blok Cepu. Turnamen dibuka Kepala Desa Gayam, Winto, Sabtu (3/12/2022).

Turnamen sepak bola usia dini POM Jatim dilaksanakan selama dua hari. Untuk pertandingan hari pertama diikuti 19 klub U-10, dan 30 klub U-12 akan berlaga pada Minggu (4/12/2022). Dua klub diantara berasal dari Provinsi Jawa Tengah, yakni Kabupaten Karanganyar dan Kudus.

Ketua Pelaksana Turnamen Sepak Bola POM Jatim, Gunawan mengatakan, turnamen sepak bola usia dini ini menggunakan sistim setengah kompetisi. Pertandingan dibagi dalam enam grup. Setiap grup diambil juara dan runner up untuk melaju ke babak selanjutnya.

Untuk laga U-10 hari ini, lanjut Gunawan, dilaksanakan 39 kali pertandingan. Sementara U-12 pada Minggu besok, sebanyak 50 pertandingan.

"Karena ini usi dini, pertandingannya dilaksanakan 2 x 10 menit, dengan ukuran lapangan panjang 60 meter dan lebar 40 meter," ujarnya kepada suarabanyuurip.com ditemui di sela-sela pertandingan.

Pemuda asal Desa Ngraho, Kecamatan Gayam itu, menjelaskan turnamen sepak bola usia dini POM Provinsi Jatim ini bertujuan untuk menggairahkan kembali sekolah sepak bola (SBB) di daerah-daerah yang selama ini vakum akibat pandemi Covid-19.

"Selain itu juga untuk mengurangi kebiasaan anak-anak bermain gedget," tegas Gunawan.

Dia berharap melalui turnamen sepak bola dini POM Jatim ini dapat lebih menghidupkan lagi SSB dan membekali anak-anak dalam berlatih sepak bola, sehingga kedepannya bisa menjadi pemain sepak bola profesional.

"Ini menjadi modal anak-anak untuk meraih masa depan dalam bidang olahraga sepak bola," tegasnya.

Gunawan menambagkan, dipilihnya stadion mini Desa Gayam karena lapangan sepak bola ini memiliki faslitas lengkap dibanding lapanga sepakbola yang ada di kecamatan-kecamatan di Bojonegoro. Mulai dari kondisi lapangan, tribun penonton, ruang ganti pemain yang dilengkapi kamar mandi dan musala, dan ruang wasit.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Gayam yang sudah memberikan fasilitas untuk penyelenggaraan turnaman dan pihak-pihak terkait yang terlibat dalam kegiatan ini. Terima kasih atas dukungannya," pungkasnya.

Turnamen sepak bola usia dini POM Jatim Seasion 1 ini merbutkan total hadiah Rp 20 juta. Untuk masing-masing juara 1 kelompok usia memperoleh trophy, sertifikat dan uang pembinaan Rp 4 juta, Juara II 3 juta, Juara III Rp 2 juta, dan Rp 1 juta untuk juara IV.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Gayam, Winto menyatakan dukungannya atas penyelenggaran turnamen sepak bola usia dini POM Jatim di stadion mini Desa Gayam.

Menurutnya, turnamen ini dapat memotivasi anak-anak untuk lebih mencintai olahraga sepak bola. Sehingga dapat menghindarkan mereka dari dampak negatif teknologi seperti bermain gawai.

"Selain itu juga menghidupkan UMKM dan menambah pendapatan warga di sini. Karena dengan even ini banyak warga berjualan mamin, dan ada rumah warga yang disewa oleh klub dari luar kota yang sudah datang sebelum turnamen dimulai," tutur kepala desa dua periode ini.

Winto berharap turnamen sepak bola usia dini POM Jatim ini dapat menjadi agenda tahunan. (suko)

Kredit

Bagikan