KKN Mahasiswa UTM, Kembangkan Tanaman Indigofera untuk Pakan Ternak

user
nugroho 24 Juni 2022, 15:59 WIB
untitled

SuaraBanyuurip - Didik Jatmiko

Blora - Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan penanaman tanaman indigofera di lahan kosong milik Desa Ngrawoh, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Tanaman ini untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa UTM kelompok 2 dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bertema “Kebangkitan Sosial Ekonomi”. Penanaman indigofera mendapat respon positif dikalangan warga sekitar.

Menurut salah satu mahasiswa KKN UTM Kelompok 2, Satya Nur Angga Udatama, penanaman tanaman indigofera ini diharapkan dapat membantu atau sebagai solusi bagi masyarakat Desa Ngrawoh dalam mencari pakan tambahan untuk hewan ternak mereka.

‘’Desa Ngrawoh memiliki peternakan kambing sendiri. Begitu juga dengan warga di sini banyak yang mempunyai hewan ternak, kedepannya kambing ini akan diperjualbelikan keluar wilayah untuk menambah masukan bagi desa," ujar mahasiswa Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian itu.

Satya berharap tanaman indigofera yang ditanam mahasiswa UTM ini mampu menjadi pakan selingan bagi peternakan kambing maupun pakan ternak lainnya yang ada di Desa Ngrawoh.

"Karena tanaman indigofera ini memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang tinggi bagi hewan ternak,” jelas Satya.

Penanaman tanaman indigofera ini dilakukan pada 28 Mei 2022 lalu. Metodenya menggunakan bibit dan stek batang. Untuk stek batang dilakukan pemilihan batang indigofera yaitu dengan batang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Kemudian batang pada tanaman indigofera dipotong kurang lebih 20 cm.

Batang indigofera yang dipotong kemudian dibersihkan ranting dan menyisakan sedikit daun. Kemudian batang di rendam dengan air selama kurang lebih satu jam.

Setelah perendaman tanaman indigofera kemudian di tanam pada media polybag terlebih dahulu selama kurang lebih seminggu hingga muncul daun baru. Setelah itu tanaman indigofera siap ditanam pada pekarangan maupun lahan kosong.

Winarto, warga setempat mengaku kegiatan penanaman indigofera menambah wawasan kepada warga Ngrawoh. Karena tanaman ini ternyata bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

“Kami ucapakan terima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Trunojoyo Madura, semoga dengan adanya kegiatan ini warga di sini bisa memanfaatkan tanaman indigofera kedepannya,” ujarnya.(dik)

Kredit

Bagikan