Siapkan Kader Intelektual, PMII UNU Sunan Giri Gelar PKD ke XVIII

user
nugroho 10 Juni 2022, 21:40 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Pengurus Komisariat (PK) PMII UNU Sunan Giri Bojonegoro, Jawa Timur menggelar pelatihan kader dasar (PKD) ke XVIII di MWC NU Soko, Tuban. Kaderisasi formal kedua ini bertujuan untuk membentuk kader intelektual yang berjiwa ulul albab.

Ketua Panitia PKD PMII UNU Sunan Giri ke XVIII, M. Bahrul Hikam, mengatakan PKD ini bertajuk Liberatio Spiritus: Intelektualitas, Conscencitas, Responbilitas yang nantinya bisa menjadi kekuatan dalam berpikir dan bertindak sebagai kader organisatoris.

"Kami menggunkan bahasa latin karena melihat spirit dan kondisi yang hari ini hampir sama dengan Komisariat PMII UNU Sunan Giri," katanya, Jumat (10/6/2022).

Dia mengatakan, para peserta PKD diharapkan mampu menjadi obor untuk diri sendiri dan sekitarnya dengan mengimplementasikan tema besar yang telah diambil. Sesuai visi komisariat tahun ini yaitu menjadi pusat kaderisasi terkhusus di daerah Bojonegoro.

"Kami harap para peserta PKD ke-18 ini mampu menjadi problem solver dalam berbagai kondisi. Juga, mampu menganalisis berbagai permesalahan, dan dengan bebas liar dalam pemikiran sehingga menimbulkan kesadaran terhadap peran seorang kader," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PC PMII Bojonegoro Angga Sugiarto mengatakan, PKD merupakan pengkaderan formal tingkat kedua setelah masa penerimaan anggota baru (Mapaba) di PMII. PKD sendiri adalah sebuah proses untuk melatih seorang anggota untuk menjadi kader yang memegang peranan penting dalam organisasi.

"Output dari PKD ini diharapkan melahirkan seorang kader pergerakan yang mampu mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama pelaksanaan," katanya Angga sapaan akrabnya.(jk)

Kredit

Bagikan