Bakorwil Bojonegoro Gelar Bimtek Menulis Buku Mapel Berbasis Kearifan Lokal

user
nugroho 25 Mei 2022, 18:30 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com -  Joko Kuncoro

Bojonegoro - Bakorwil Bojonegoro, Jawa Timur menggelar bimbingan teknis menulis buku pengayaan mata pelajaran pada guru, Rabu (25/5/2022). Nantinya, penulisan buku ini diharapkan berbasis kearifan lokal, potensi sumber daerah, dan desa.

Kepala Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo mengatakan, tujuan bimbingan teknis ayo menulis buku, diharapkan para guru dapat menulis buku pengayaan mata pelajaran yang berbasis kearifan lokal.

"Sehingga, dapat mudah diterima, dipahami, dan diaplikasikan oleh peserta didik," kata Agung sapaan akrabnya.

Dia mengatakan, para pegiat buku diharapkan dapat membuat buku pengetahuan tentang daerah dan desa dengan tujuan mengenalkan potensi yang ada di dalamnya. Selain itu, para guru terutama pendidikan Agama juga dapat menuliskan buku moderasi beragama sebagai pondasi mental.

Agung menjelaskan, bimbingan teknis ayo menulis buku diikuti 1.849 peserta yang terdiri para guru mata pelajaran semua jenjang pendidikan. Juga, pegiat buku yang berasal se wilayah Bakorwil Bojonegoro serta 12.643 viewers melalu channel YouTube Narasi17.

"Harapannya bimtek ini menjadi awal yang baik. Karena dari hasil evaluasi ayo menulis buku dari 1.849 peserta baru 541 judul buku yang sedang penyelesaian dan 33 persen peserta yang memulai aktif menulis," katanya.

Dia mengatakan, kondisi ini harus didorong dan difasilitasi agar semakin banyak peserta yang aktif menulis buku. Sehingga, diharapkan akan banyak memberikan input yang didapat.

"Khususnya, mendapatkan pencerahan dalam penulisan buku untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penyelesaian karya tulisnya," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan