Mahasiswa KKN Unigoro Gelar Pelatihan Digital bagi UMKM di Pejambon

user
nugroho 02 September 2021, 19:46 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Mahasiswa KKN Universitas Bojonegoro (Unigoro), Jawa Timur menggelar pelatihan content writer dan flyer digital bagi pemilik UMKM. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran dan membranding produk UMKM di Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro.

Ketua Kelompok 12 KKN Unigoro di Desa Pejambon Ahmad Zubaidi mengatakan, pelatihan pembuatan content writer dan flyer digital ini menjadi program prioritas untuk meningkatkan pemasaran produk UMKM. Program ini diusulkan karena branding produk penting dalam mempengaruhi penjualan terutama melalui digital.

"Pelatihan ini diperuntukkan bagi pemilik UMKM dan peserta KKN di Desa Pejambon. Pemilik UMKM dilatih membuat content write dan flyer digital," katanya, Kamis (2/9/2021).

Content writer, ia melanjutkan, bukan hanya berisi tulisan akan tetapi juga gambar produk UMKM. Sedangkan, untuk flyer digital dibuat berdurasi singkat karena berbentuk video sehingga lebih menarik masyarakat jika diunggah di media sosial.

Pemasaran digital ini fokus di media sosial baik Facebook maupun Instagram. Sebab, kata Ahmad, media sebagai alat promosi produk atau jasa yang cepat dan mudah ditawarkan. Mahasiswa KKN juga sudah menerapkan ilmu ini untuk membranding produk dari UD. SMS Collection berupa flyer digital (gift).

"Untuk peserta menyeluruh baik dari pemilik UMKM hingga ibu-ibu dan pemuda," jelasnya.

Dia menuturkan, adanya pelatihan ini para pemilik usaha mikro kecil menengah (UMKM) dapat mengerti pentingnya membuat tulisan yang tepat untuk membranding produknya. Karena unggahan akan terlihat menarik jika produsen mampu mempengaruhi pikiran konsumen..

Sementara itu, Pemateri Pelatihan atau Relawan TIK Affrizal Rizkillah mengatakan, content writer dan flyer digital ini harus dibuat semenarik mungkin sebab untuk mempengaruhi konsumen. Misalnya pemilihan warnayang sesuai dengan produk yang diawarkan.

"Juga penyusunan kata-kata yang baik agar tercapai goals misal dengan menambah kalimat DISKON!!," tambahnya.(jk)

Kredit

Bagikan