Kunjungi Kantor Damkar, Siswa MI Manba'ul Futuch Belajar Tugas Pemadam Kebakaran

user
Nugroho 07 September 2022, 18:07 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Madrasah Ibtadiyah (MI) Manba’ul Futuch Belun, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengadakan pembelajaran di luar kelas. Para siswa belajar mengenal profesi petugas pemadam kebakaran dan proses penyelamatan bencana sejak dini.

Kepala Madrasah Ibtadiyah (MI) Manba’ul Futuch Belun, Ali Muallifin mengatakan, kegiatan outing class rutin dilakukan sebulan sekali. Pembelajaran di luar kelas seperti kunjungan edukasi ke Damkar Bojonegoro ini bisa memberikan pengalaman belajar yang berbeda bagi para peserta didik.

"Serta dapat mengetahui seberapa kuat kemampuan peserta didik dan mengajarkan peserta didik untuk bisa bersosialisasi kepada sekitar,” katanya, Rabu (7/9/2022).

Sementara itu, Kabid Pencegahan Pengendalian dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Teguh Aris S mengatakan, petugas damkar memberikan edukasi dan pengenalan peralatan penunjang tugas personil kepada para murid MI Manba’ul Futuch Belun.

"Juga kami memberikan sosialisasi penangan kebakaran kompor dan LPG serta cara pemadaman menggunakan kain basah," katanya.

Selain itu, peserta didik juga diberikan penjelasan mengenai tupoksi petugas damkar. Jadi, lanjut dia, petugas damkar bukan hanya memadamkan kebakaran api tapi juga melakukan penyelamatan, menangani hewan buas seperti ular, sarang tawon dan lainnya.

"Kami juga meperkenalkan setiap alat yang digunakan oleh petugas dan praktek cara menggunakannya yang di dampingi oleh petugas damkar. Ada 56 peserta didik dan 10 pendamping yang mengikuti kegiatan ini," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan