Cetak Pemimpin, SMA Negeri 1 Bojonegoro Gelar LDKS

user
Nugroho 19 September 2022, 08:15 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - SMA Negeri 1 Bojonegoro, Jawa Timur menggelar latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) di Kampung Pinus, Sarangan Magetan. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk menjadikan siswa sebagai seorang pemimpin.

Kepala SMA Negeri 1 Bojonegoro, Sumarmin mengatakan, LDKS ini adalah program tahunan yang wajib diikuti siswa. Karena dengan kegiatan LDKS ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar.

"Mereka terpilih menjadi pengurus OSIS melalui seleksi yang begitu ketat, harus bersaing demi cita-cita yang luhur. Karena tidak sembarang siswa bisa menjadi pengurus OSIS, siap meluangkan waktu, siap jadi teladan, siap disiplin, siap jadi pemimpin, siap untuk mandiri dan banyak lagi lainnya," katanya.

Dia mengatakan, LDKS ini digelar mulai Jumat (16/9/2022) hingga Minggu (18/9/2022) dengan tujuan menjadikan semua peserta sebagai seorang pemimpin dengan mengacu pada sikap kepemimpinan, solidaritas, wibawa, dan berintelektual.

"Kegiatan ini diikuti oleh 110 siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro yang peserta berjumlah 73 dari kelas X dan XI serta 37 panitia dari kakak kelas Osis Periode sebelumnya 2021/2022," katanya

Sumarmin mengatakan, dengan LDKS ini diharapkan siswa SMA Negeri 1 Bojonegoro bisa banyak belajar dari berorganisasi. Karena sikap perilaku dan kebiasaan perilaku yang baik tumbuh dari sebuah pengalaman organisasi yang baik.

"Sehingga organisasi tempat belajar untuk menjadi berkembang dan pribadi siap untuk melakukan pengembangan diri siswa," katanya.

Sementara itu Waka kesiswaan, Aris Yuliantono, mengatakan, pogram LDKS ini adalah program tahunan yang wajib diikuti.

"Karena dengan kegiatan LDKS ini diharapkan tumbuh kesadaran dan kemandirian siswa terkait berbagai hal selama menjadi seorang pelajar," katanya.(jk)

Credits

Bagikan