Sumbertlaseh Miliki Pesantren Terbanyak se Bojonegoro

user
Sasongko 22 Oktober 2022, 14:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Desa Sumbertlaseh tercatat sebagai desa terbanyak miliki Pondok Pesantren. Tak kurang dari 16 Pesantren berdiri di Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Pelaksana Harian Kepala Desa Sumbertlaseh, M. Anton Galih W. mengatakan, sebanyak 16 pesantren berdiri di Desa Sumbertlaseh. Baik pesantren yang sudah mempunyai nama besar dengan ribuan santri, maupun yang menengah.

"Jarak antar pesantren pun tak berjauhan. Bahkan ada beberapa yang berjajar saling berdampingan. Karena memang kebanyakan masih berhubungan kekerabatan keluarga para Kyai pengasuh pesantren," katanya kepada SuaraBanyuurip.com, Sabtu (22/10/2022).

Pria yang akrab dispa Anton ini menyebutkan, ada dua pesantren yang menurutnya paling besar diantara yang lain. Yakni, Pondok Pesantren (Ponpes) Abu Dzarrin dan Ponpes Nurul Falah. Sedangkan belasan Ponpes lainnya rata rata hampir sama.

"Menjadi santri jika dimaknai mempelajari ilmu Agama Islam, bisa dikatakan satu kampung ini ya santri semua. Baik nyantri yang mukim di Ponpes, maupun belajar ngaji tanpa mukim, seperti di surau misalnya," ujarnya.

Tak hanya warganya, sebagian besar perangkat desa di Sumbertlaseh pun dikatakan dulunya juga santri di pesantren setempat. Ada yang alumni Ponpes Al Rosyid, Nurul Falah, Abu Dzarrin dan lainnya.

"Menjadi santri sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Sumbertlaseh," tandasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Pendidikan Diniyah Pondok Pesantren (Kasi PD Pontren) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Bojoegoro, H. Moh. Zainal Arifin membenarkan, bahwa Kecamatan Dander merupakan kecamatan dengan jumlah Ponpes paling banyak se kabupaten.

"Dari 283 Ponpes se Kabupaten Bojonegoro, 24 diantaranya ada di Kecamatan Dander. Dan di Kecamatan Dander ini terbanyak ada di Desa Sumbertlaseh yaitu 16 Ponpes," terang alumnus SMA Negeri 2 Bojonegoro tahun 1996 ini.

Selain Kecamatan Dander, jumlah pesantren terbanyak kedua ada di Kecamatan Baureno, ketiga di Sumberrejo, kemudian keempat Kecamatan Balen, dan kelima ada di Kecamatan Sugihwaras.

"Paling sedikit ada di Kecamatan Gondang dan Gayam," ucap Karateka Dan V itu.

Berkenaan dengan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 yang ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober oleh Presiden Joko Widodo. Zainal mengajak bersama sama mendoakan para ulama, para Kyai, yang telah berjuang melawan para penjajah. Turut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Sesuai tema, para santri juga harus berdaya menjaga martabat kemanusiaan," pungkasnya.(fin)

Kredit

Bagikan