Polisi Tangkap Pelaku Dugaan Penipuan Mobil Bodong

user
samian 02 Juni 2022, 21:58 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Bojonegoro, Polda Jatim, berhasil menangkap pelaku tindak kejahatan berinisial MS. Diduga MS melakukan tindak pidana penipuan mobil bodong.

Akibat perbuatan itu, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) berinisial DB di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ditaksir menderita kerugian puluhan juta rupiah.

"MS asal Surabaya yang diduga sebagai pelaku penipuan ini, berhasil kami tangkap di SPBU Balen," kata Kasatreskrim Polres Bojonegoro, AKP Girindra Wardana Akbar Ramdhani, kepada SuaraBanyuurip.com, Kamis (02/06/2022).

Pelaku berhasil diamankan setelah dijebak oleh aparat yang bekerjasama dengan korban. Namun, masih terdapat satu pelaku yang masih dalam pengejaran berinisial FS (40).

Dijelaskan, kasus ini berawal saat korban DB membeli mobil melalui sosial media (sosmed). Dari postingan yang ada di sosmed, DB melihat ada Honda Mobilio dijual seharga Rp98 juta. DB kemudian menghubungi nomor yang tercantum di postingan tersebut.

"Selanjutnya (pelaku dan korban) janjian bertemu di Terminal Osowilangon Surabaya. Sebelum itu, sudah ditransfer uang muka Rp18 juta kepada pelaku. Sisanya dilunasi saat ketemu," jelasnya.

Setelah itu, DB bermaksud balik nama BPKB dan STNK atas nama dirinya sendiri. Namun setelah dicek fisik di Samsat Bojonegoro, diketahui ternyata surat-surat mobil tersebut palsu.

"Korban DB kemudian melaporkan perkara ini dan langsung kami tindak lanjuti," ujarnya.

Mantan Kasatreskrim Polres Kediri ini mengungkapkan, pihaknya masih memburu FS. Sebab dari keterangan MS, didapatkan keterangan bahwa ia mendapatkan mobil tersebut dari FS. Dari transaksi penjualan ini, MS mengaku menerima komisi sebesar Rp18 juta.

"Jadi, pelaku MS ini hanya disuruh menjualkan mobil oleh pelaku FS. Uang komisi yang diperoleh MS tersebut sudah habis dipakai untuk kebutuhan pribadinya," pungkas AKP Girindra.(fin)

Kredit

Bagikan