Pencarian Korban Tenggelam di Sungai Gandong Dihentikan

user
samian 29 Mei 2022, 17:39 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Proses pencarian remaja berusia 12 tahun yang tenggelam di Sungai Gandong turut Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang dilakukan oleh tim SAR gabungan dihentikan, Minggu (29/05/2022).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Ardhian Orianto, dalam musyawarah di Balai Desa Ngrejeng yang di hadiri Tim SAR Gabungan, Pemdes Ngrejeng, TNI, Polri, Linmas, orang tua korban, dan Muspika Purwosari, sekitar pukul 15.11 Wib.

"Karena selama empat hari dilakukan pencarian belum ada tanda-tanda, jadi pencarian korban sementara hari ini ditutup atau dihentikan. Namun tidak menutup kemungkinan jika ditemukan tanda-tanda keberadaan korban, maka kami siap dihubungi sewaktu-waktu untuk datang langsung," kata Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto.

Mantan Sekcam Ngasem ini menjelaskan, bahwa tim pencari sejumlah 100 orang lebih. Penyisiran dilakukan mulai dari titik Tempat Kejadian Musibah (TKM) Sungai Gandong hingga ke muara Bengawan Solo. Dengan radius kurang lebih 8 kilometer.

"Kalau misal ada masyarakat mengetahui korban di sungai gandong, jangan langsung dipegang dan cukup diamankan dengan pagar jaring. Menunggu kami dan pihak berwajib datang," ucapnya.

"Pihak kami dan tim SAR gabungan maupun terkait lainnya hanya bisa berusaha. Namun hasil semua kembali pada Allah SWT. Semoga saja Ahmad Teguh Prasetyo segera ditemukan," pungkasnya.

Sementara Kepala Desa (Kades) Ngrejeng, Arief Andika, mengatakan, akan terus melakukan pencarian bersama pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Sedahkidul, Linmas, tokoh masyarakat, dan Muspika Purwosari.

"Pencarian ini akan terus kami lakukan bersama Pemdes Sedahkidul dan terkait lainnya. Mohon doanya semoga korban segera ditemukan," sambung Kades Arief Andika.

Tim SAR gabungan yang melakukan pencarian korban dengan menerjunkan 100 personil lebih. Tim terdiri BPBD, Basarnas, Polres, TNI Kodim 0813, SAR MTA, LPBNU, Pemdes+Babin, Linmas, Satpol PP, Damkar, Bagana, Polairud, Brimob, Sikatan, DMC SRA, dan Team URC SH Terate Cabang Bojonegoro.

Sebelumnya, Ahmad Teguh Prasetyo, warga Desa Sedahkidul, Kecamatan Purwosari, dilaporkan tenggelam di Sungai Gandong Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (26/05/2022) sore.

Saat korban ikut pamannya memanen jagung di sekitar Sungai Gandong. Korban diketahui sedang berenang di sungai yang berlokasi tak jauh dari sawahnya itu. Namun, setelah pamannya kembali ke sawah diketahui korban sudah tidak ditemui di lokasi.(jk/sam)

Kredit

Bagikan