Terjadi Bencana, Penghuni Kampus PEM Akamigas Dievakuasi ke Luar Gedung

user
nugroho 26 April 2022, 21:21 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Suara sirene PEM Akamigas Cepu meraung-raung, pertanda situasi dalam keadaan bencana. Kondisi tersebut sontak membuat penghuni gedung berlarian menyelamatkan diri menuju titik kumpul sementara. Dalam peristiwa itu satu orang harus dievakuasi menggunakam ambulan.

Adegan tersebut bagian dari simulasi bencana gempa bumi yang laksanakan oleh PEM Akamigas untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022 yang jatuh pada tanggal 26 April 2022.

"Simulasi ini penting dilaksanakan sebagaih upaya edukasi bagi pegawai PEM Akamigas, mahasiswa dan siapa saja yang saat ini berada di lingkungan kampus agar waspada akan terjadinya bencana. Tidak panik dan mengikuti arahan petugas menuju titik kumpul sementara,” jelas Koordinator Lapangan, Agus Sutanto.

Dia menjelaskan, simulasi tanggap bencana diawali dengan suara sirine yang menggaung di kampus PEM Akamigas tepat pukul 10.00 WIB. Kemudian menginstruksikan seluruh pegawai yang sedang menjalankan aktivitasnya di kantor untuk segera menghentikan dan segera keluar menuju titik kumpul sementara. Demikian pula dengan mahasiswa yang saat itu berada di lingkungan kampus PEM Akamigas.

Satu pegawai yang berperan sebagai korban, dievakuasi dengan menggunakan kereta dorong oleh tim medis untuk mendapatkan pertolongan. Simulasi tanggap darurat terhadap bencana untuk daerah Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah ini lebih difokuskan pada bencana gempa bumi.

Hal tersebut sesuai dengan Surat Sekretariat Daerah Kabupaten Blora no. 360/1590/2022 tentang Dukungan dan Partisipasi Aktif Kegiatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 dengan Tema “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana,” dengan pesan utama adalah “Siap untuk Selamat,”.

Simulasi tanggap bencana ini juga ditujukan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat menuju masyarakat yang tangguh dalam menghadapi kemungkinan ancaman bencana yang dapat terjadi.(ams)


Kredit

Bagikan