SP2Lid Pencemaran Nama Baik Wabup Bojonegoro Obyek Praperadilan

user
samian 25 April 2022, 17:32 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Surabaya - Di ranah peradilan berlaku azas Pengadilan tak boleh menolak perkara. Oleh sebab itu Surat Penghentian Penyelidikan (SP2Lid) dari Polda Jatim terhadap kasus dugaan pencemaran nama baik Wabup Bojonegoro, merupakan obyek praperadilan.

"Kami perlu sampaikan, apakah penghentian SP2Lid bisa menjadi obyek praperadilan atau tidak. Sebagaimana hukum yang berlaku di negara kita pengadilan tidak boleh menolak setiap perkara. Masalah hasilnya apa nanti saat putusan," tegas hakim tunggal Darwanto dalam Sidang Praperadilan Penghentian Penyelidikan dugaan pencemaran nama baik yang dilakukan Bupati Bojonegoro, Jatim, Anna Mu'awanah, terhadap Wabup, Budi Irawanto, di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (25/04/2022).

Sebelumnya saksi ahli yang dihadirkan kuasa hukum Polda Jatim di pihak termohon, Lucky Endrawati, menyatakan, penghentian penyelidikan bukan merupakan obyek praperadilan yang diatur Pasal 77 KUHAP.

"Penyelidikan tidak termasuk obyek praperadilan Yang Mulia, karena masih dicari unsur pidananya," kata Lucky.

Pendapat Dosen Fakultas Hukum Universitas Brawijaya tersebut lantas ditanggapi  Darwanto. Ia menandaskan, meskipun saksi ahli mengatakan   penghentian penyelidikan tidak diatur dalam pasal 77 KUHAP maupun Mahkamah Konstitusi (MK), akan tetapi selama masyarakat pencari keadilan bermaksud mencari keadilan di pengadilan maka tetap dipersilakan.

"Jadi jangan sampai menjustice oh ini tidak boleh masuk," kata Darwanto.

Sidang ditutup, akan dilanjutkan pada hari Selasa 26 April 2022, dengan agenda pembacaan kesimpulan dari kedua belah pihak.(fin)

Kredit

Bagikan