Dishub Bojonegoro Ajak Masyarakat Wujudkan Mudik Aman dan Sehat

user
nugroho 20 April 2022, 21:38 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mengajak seluruh masyarakat untuk mewujudkan mudik yang aman dan sehat. Baik saat mudik yang masih dalam bulan Ramadhan maupun saat perayaan Idul Fitri 1443 H/ 2022.

"Kami mengajak masyarakat Bojonegoro untuk bersama-sama mewujudkan mudik yang aman dan sehat," kata Kepala Dishub Bojonegoro, Andik Sudjarwo, kepada SuaraBanyuurip.com, Rabu (20/04/2022).

Dijelaskan, demi terwujudnya slogan "Mudik Aman Mudik Sehat," masyarakat diimbau untuk senantiasa berhati-hati saat berkendaraan. Mentaati seluruh aturan lalu lintas dan tetap mematuhi protokol kesehatan saat berkegiatan.

Berkaitan hal itu Andik menambahkan, bahwa masa angkutan lebaran dimulai sejak tanggal 25 April 2022 sampai dengan 10 Mei 2022. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 28 April 2022 hingga 1 Mei 2022.

"Sedangkan puncak arus balik diperkirakan berlangsung antara tanggal 6 sampai 8 Mei 2022," ujarnya.

Berdasarkan hasil survei Kementerian Perhubungan, lanjut Andik, akan terjadi potensi pergerakan nasional sebanyak 31,6 persen atau 85,5 juta orang sedangkan moda yang paling banyak digunakan adalah mobil pribadi dan sepeda motor.

"Sebagai antisipasi, akan dibentuk tim urai kemacetan di wilayah barat dan timur yang beranggotakan Satlantas dan Dishub," tambahnya.

Disinggung berkenaan rencana pelaksanaan Ramp Check. Andik menyebut hal itu akan dilakukan pada minggu ke empat bulan April 2022. Dilaksanakan di Terminal Rajekwesi dan Terminal Padangan. Tujuannya guna memastikan kelaikan sarana transportasi.

"Imbauan kami kepada warga atau tokoh masyarakat untuk menyampaikan informasi kepada keluarga atau masyarakat yang akan melakukan mudik agar tidak memakai kendaraan roda dua guna mengurangi angka kecelakaan dan disarankan menggunakan angkutan atau transportasi umum," pungkasnya.(fin)

Kredit

Bagikan