Polda Jatim Mangkir dari Sidang Gugatan Praperadilan Wabup Bojonegoro

user
samian 13 April 2022, 16:56 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Surabaya - Sidang praperadilan antara Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro Budi Irawanto di pihak penggugat terpaksa ditunda lantaran pihak Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) sebagai tergugat mangkir dari agenda. Sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (13/04/22) akhirnya ditunda hingga satu minggu kedepan.

Dalam sidang perdana yang digelar di ruang sidang Tirta 1 Pengadilan Negeri Surabaya, empat kuasa hukum Wabup Budi Irawanto telah mempersiapkan materi maupun bukti - bukti yang akan diserahkan kepada Hakim yang menangani perkara ini.

Berkenaan hal itu kuasa hukum penggugat menyayangkan ketidakhadiran pihak Polda Jatim sehingga menyebabkan persidangan ditunda sampai dengan Rabu 20 April 2022 mendatang.

"Saya sangat menyayangkan atas ketidakhadiran kuasa hukum Polda Jatim karena ini sangat merugikan kami. Selain itu kami menganggap bahwa ketidakhadiran kuasa hukum Polda Jatim sangat tidak menghormati proses hukum yang sedang berjalan," kata kuasa hukum Wabup Budi Irawanto, Mohamad Sholeh kepada SuaraBanyuurip.com.

Diwartakan sebelumnya, Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Jawa Timur, Budi Irawanto mengajukan gugatan pra peradilan terhadap Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Pasalnya, penghentian penyelidikan atas aduan pencemaran nama baik yang diduga dilakukan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah terhadap dia oleh Polda dianggap tidak sah dan tidak berdasar hukum.

Wabup Budi Irawanto melalui kuasa hukum, Muhammad Sholeh mengatakan, objek yang digugat dalam praperadilan ini adalah Surat Ketetapan Nomor : S.Tap/5/II/RES.2.5/2022/Ditreskrimsus yang diterbitkan oleh Direktur Reserse Krimininal Khusus Polda Jatim tertanggal 2 Pebruari 2022.

Dijelaskan, permasalahan a quo (yang sedang diperselisihkan) muncul dari chat groups Whatsapp "Jurnalis dan Informasi" yang beranggotakan sekira 200 anggota termasuk Wabup Budi Irawanto dan Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah. Dimana pada hari Selasa tanggal 6 Juni 2021 Bupati Anna mengirimkan chat ke group tersebut.

Chat dari Bupati dikatakan sangat menyinggung perasaan Wabup Budi Irawanto selaku pemohon dan keluarga besar pemohon. Sebab hal itu dibaca oleh ratusan anggota group, apalagi sampai masuk pemberitaan berbagai media online.(fin)

Kredit

Bagikan