Kecelakaan Kerja di PT Semen Indonesia, 1 Tewas

user
teguh 17 Maret 2022, 16:52 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Teguh Budi Utomo

Tuban – Kecelakaan kerja hingga mengakibatkan satu pekerja meninggal terjadi di kompleks pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pabrik Tuban, di kawasan Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Jatim, Kamis (17/3/2022) pukul 08.30 WIB.

Akibat tragedi berdarah tersebut seorang pekerja, Kuswanto (22), tewas setelah terjatuh dari lantai empat kompleks pabrik Tuban III.  Nyawa karyawan PT Swabina Gatra, anak perusahaan PT Semen Indonesia, asal Dusun Dukoh, Desa Margorejo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban itu tak terselamatkan sekalipun sempat dilarikan ke RSNU Tuban.

“(Korban) Meninggal di IGD (Instalasi Gawat Darurat),” kata Dirut RSNU Tuban dr Didik Suharsoyo saat dikonfrontir sejumlah jurnalis tentang kondisi pekerja pabrik semen tersebut.

Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan, peristiwa di komplek pabrik dengan produksi 1,2 juta per tahun itu bermula ketika korban bersama tim lima orang mengerjakan pemasangan scaffolding lanjutan. Piranti yang dipasang bersamaan overhoul ini untuk akses rekondisi EJ Down Comer Preheater di lantai 4.

Tim Scaffolding tersebut terdiri dari Markaban, Dianto, Ardia, Rawan, dan Kuswanto. Mereka mengerjakan Scaffolding Ovehaul Kiln pabrik Tuban III. Saat pekerjaan berlangsung, Markaban naik pertama untuk memposisikan diri di tempat pemasangan. Kemudian disusul Dianto mengikutinya.

Tak lama berselang diikuti Kuswanto dengan naik tangga vertikal dari scaffolding. Saat sudah di ujung tangga kemudian berpindah ke area H-Beam, ia belum sempat mengaitkan Full Body Harness-nya terpeleset. Kuswanto berusaha meraih pipa H-Beam untuk pegangan namun gagal sehingga jatuh ke bawah.

Tubuh Kuswanto sempat membentur lantai 2, namun kemudian terpental hingga jatuh ke lantai dasar. Rekan kerjanya langsung menghentikan pekerjaan untuk memberi pertolongan.

Geger kejadian tersebut menjadikan kompleks pabtrik heboh. Tak lama berselang korban dilarikan ke Poliklinik pabrik. Melihat kondisi luka parah di bagian kepala tersebut akhirnya korban dilarikan ke RSNU Tuban. Nyawanya tak terselamatkan saat berada di IGD rumah sakit terdekat dari komplek pabrik semen berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Saat dikonfirmasi ihwal kecelakaan pekerja tersebut, Senior Manager Corporate Comunication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Setyawan Prasetyo, mengatakan, sedang ada kegiatan rapat dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tuban di Tuban.

“Maaf saya masih rapat dengan Disnaker, seteah selesai rapat nanti saya telpon njenengan,” kata Iwan, begitu pejabat ramah tersebut akrab disapa. (tbu)

Kredit

Bagikan