Diduga Ada Pungli NUPTK, Wabup Budi Irawanto Datangi Disdik Bojonegoro

user
samian 14 Maret 2022, 19:02 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Jawa Timur, Budi Irawanto, mendatangi Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Senin (14/03/2022). Kedatangan orang nomor dua di kabupaten penghasil migas itu mengklarifikasi atas rumor yang beredar perihal dugaan adanya pungutan liar (pungli) untuk pengurusan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Kehadiran Wabup Budi Irawanto ditemui langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Disdik Bojonegoro Nur Sudjito didampingi Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Kabid PTK) Lukiswati, serta Pejabat Fungsional Damiati.

"Saya datang ke sini ketemu Plt Diknas, untuk klarifikasi adanya kabar yang beredar bahwa untuk mengurus NUPTK harus membayar. Isunya sampai Rp3 juta," katanya kepada SuaraBanyuurip.com usai pertemuan dengan Plt Kadisdik Bojonegoro.

Dijelaskan, dugaan adanya pungli untuk mengurus segala sesuatu di Disdik harus membayar dengan biaya mahal tersebut terjadi sebelum Nur Sudjito menjabat. Terkait hal itu, oknum bersangkutan juga sudah ditindak secara tegas.

"Dan pejabat terkait yang saya temui tadi memang orang baru semua. Namun demikian, kami meminta agar ada penertiban," lanjutnya.

Selain klarifikasi, Mas Wawan, sapaan akrab Budi Irawanto, juga minta dicarikan solusi atas hal itu. Agar para guru yang sudah mempunyai masa pengabdian lama semua bisa mengurus NUPTK. Karena indikasinya, menurut Mas Wawan terjadi oknum yang mengurus lewat pintu belakang.

"Indikasinya memang ada yang bayar. Tetapi dari surat pernyataan yang sempat diperlihatkan tadi, isinya adalah inisiatif sendiri sebagai ucapan terima kasih. Tapi bukan Rp3 juta," ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Plt Disdik Bojonegoro, Nur Sudjito, enggan memberikan komentar terkait kedatangan Wabup Budi Irawanto tersebut.(fin)

Kredit

Bagikan