Permudah Layanan, KUA Kapas Launching PTSP Informasi Digital

user
nugroho 10 Maret 2022, 20:39 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur melaunching pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), Kamis (10/3/2022). PTSP ini merupakan sistem informasi arsip digital (Siadig) yang terhubung dengan WhatsApp untuk mempermudah pelayanan masyarakat.

Kepala KUA Kecamatan Kapas, Masduki mengatakan, inovasi PTSP ini untuk mempermudah masyarakat saat mengakses informasi di KUA Kapas. Yakni mulai dari informasi persyaratan nikah, estimasi haji hingga urusan poligami.

"Di pelayanan KUA ini tersedia banyak sekali informasi keagamaan bukan hanya masalah pernikahan saja. Misalnya juga terkait jumlah masjid yang berada di Kecamatan Kapas atau Bojonegoro," kata Masduki.

Dia mengatakan, PTSP ini disajikan oleh media Informasi KUA Kecamatan Kapas yang berisi beberapa informasi penting yang terhubung dengan WhatsApp yakni melalui kontak 085648389328. Yakni saat mengirim pesan ke nomor harus menggunakan sesuai menu yang tersedia dengan format tanpa spasi.

"Misalnya Syaratnikah untuk informasi persyaratan pendaftaran kehendak nikah atau SyaratnikahWNA untuk informasi persyaratan pendaftaran kehendak nikah warga negara asing. Jadi sesuai informasi yang sesuai terkait keagamaan," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, Munir mengatakan, dengan adanya PTSP ini pelayanan di KUA Kapas menjadi mudah, nyaman, dan cepat. Serta banyak informasi yang tersedia baik informasi seperti manasik haji hingga hisab rukyat.

"Jadi KUA bukan hanya menangani pernikahan saja, akan tetapi juga segala urusan keagamaan," katanya.

Dia menambahkan, adanya sistem informasi arsip digital ini bisa memberikan kemudahan dalam pelayanan yang berbasi digital.(jk)

Kredit

Bagikan