TPA Sampah Temurejo Rp 12,9 Miliar Rampung, Kemen-PUPR Serahkan ke Pemkab Blora

user
nugroho 10 Maret 2022, 20:31 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pembangunan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Temurejo, Kabupaten Blora rampung dikerjakan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) I Jawa Tengah, Ditjen Cipta Karya menyerahkan TPA Sampah Temurejo kepada Pemkab Blora.

TPA Temurejo di Kabupaten Blora ini telah dibangun oleh BPPW Jateng dengan anggaran Rp 12,9 miliar dari APBN 2021. Masa pengerjaan TPA selama 240 hari mulai 20 April hingga 15 Desember 2021.

Pekerjaan dilaksanakan oleh PT Ardi Tekindo Perkasa, dengan output fasilitas pembangunan zona landfill, pembangunan kolam IPL, bangunan perkantoran, jembatan timbang, jalan operasional dengan rigid beton, garasi dan hangar berat.

"Setelah selesai dan lolos uji kelaikan, kita serahkan kepada Pemkab,” kata Kepala Satker Wilayah I BPPW Jateng, Dwiatma Singgih Raharja Sabaris, Kamis (10/3/2022).

Ia berharap setelah TPA rampung, nantinya dikelola Pemkab, bisa terjaga dengan baik sistem operasionalnya. TPA tersebut mampu menampung 70 m3 sampah per hari bisa berlangsung lama.

Bupati Blora Arief Rohman mengucap syukur atas selesainya pembangunan TPA Temurejo ini dan mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR dan jajarannya.

“Selain dibangunkan TPA juga diberi alat berat bego eskavator untuk mendukung operasional TPA,” kata Bupati.

Dia menyampaikan, dengan sistem sanitary landfill dan sistem lindi bantuan Kementerian PUPR ini, diharapkan pengolahan sampah di Kabupaten Blora bisa lebih baik lagi dan tidak mencemari lingkungan maupun kualitas air tanah.

Dia meminta DLH sebagai SKPD terkait bisa mengelola operasional TPA ini dengan baik. Selain itu juga akan mendorong pembentukan bank sampah di desa desa, sekolah, pondok pesantren, hingga pasar sebagai pemilah awal sebelum di buang ke TPA. Agar sampah juga bisa jadi sumber ekonomi warga.

“Kita ingin kedepan Blora jadi Kabupaten yang mantap dalam pengelolaan sampah dan siap jadi percontohan di Jawa Tengah. Semangat Sesarengan mBangun Blora yang bersih dan sehat,” ujar bupati.

Untuk diketahui, serah terima dilakukan dengan penandatanganan berita acara antara Kepala Satker Wilayah I BPPW Jateng Dwiatma Singgih Raharja Sabaris dengan Bupati Blora Arief Rohman didampingi pejabat PPK Sanitasi Satker Pelaksana Prasarana Pemukiman Wilayah I Jateng, Rhiza Chairinna Widya. Selain itu juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora, Istadi Rusmanto.

Usai penandatanganan berita acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako dan tali asih oleh Bupati Arief Rohman kepada para pemulung yang setiap hari bekerja memilah sampah di TPA Temurejo. Kegiatan dilanjutkan dengan mengoperasikan bego eskavator untuk penunjang pengolahan sampah.(ams)

Kredit

Bagikan