Warga Desa Butoh Gotong Royong Perbaiki Jalan Longsor

user
samian 23 Januari 2022, 11:13 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Bojonegoro - Budaya gotong-royong hingga kini masih melekat kuat bagi warga Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Meski perkembangan zaman semakin modern. Terbukti puluhan warga Dusun Suruhan dan Ngembul melakukan kerja bakti memperbaiki jalan longsor, Minggu (23/01/2022). Akibat dari tebing sungai setempat terkikis.

"Jalan penghubung Dusun Suruhan-Ngembul ini memang rawan longsor. Karena terletak di tebing sungai. Jadi kalau hujan deras sungai banjir sering longsor," kata Kepala Desa (Kades) Butoh, Edy Santoso, kepada SuaraBanyuurip.com disela-sela kerja bakti.

Pria yang karib disapa Mas Didik ini menjelaskan, bahwa warga di dua dusun ini memang sering melakukan kerja bakti dengan bergotong royong memperbaiki jalan yang longsor tersebut. Baik menanami pohon disekitarnya maupun menguruk dengan pasir dan batu.

"Ini memang faktor alam. Selain karena sungai sering banjir, juga karena rembesan air dari lahan pertanian disekitarnya membuat tebing sungai terkikis," tandasnya.

"Panjang jalan yang longsor ini, kurang lebih 100 meter. Saat ini warga sedang kerja bakti membronjong kawat untuk menahan tebing agar jalan tidak longsor," sambung Kepala Dusun (Kasun) Suruhan, Parno Suwanto.(sam)

Kredit

Bagikan