Jaga Keberagaman, Gusdurian Bojonegoro Gelar Haul Gus Dur ke-12

user
nugroho 09 Januari 2022, 20:54 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Menjaga keberagaman di Indonesia, Komunitas Gusdurian Bojonegoro, Jawa Timur memperingati Haul Gus Dur ke-12. Kali ini, Gusdurian Bojonegoro merangkai Haul Gus Dur dengan nonton bareng (nobar) film dan sarasehan sekaligus doa bersama lintas agama.

Ketua Panitia Haul Gus Dur, Aziz mengatakan, untuk menjaga keberagaman di Indonesia Haul Gus Dur rutin dilaksanakan komunitas-komunitas Gusdurian se dunia yakni mulai Desember hingga Januari. Termasuk Komunitas Gusdurian Bojonegoro yang merangkai haul dengan bedah film "High Noon In Jakarta" dokumenter Gus Dur saat masih menjabat jadi Presiden RI yang digelar Sabtu malam kemarin.

"Ada dua rangkaian kegiatan dalam memperingati Haul Gus Dur ke-12 ini," katanya, Minggu (9/1/2021).

Rangkaian kedua adalah sarasehan dan doa bersama lintas agama yang akan digelar 22 Januari 2022 mendatang. Hal tersebut, lanjut dia, sebagai wujud kecintaan terhadap Gus Dur, yang sudah menjembatani, berkumpul, dan berdampingan tanpa sekat apapun.

"Sarasehan akan dilaksanakan di Gereja Katolik Santo Paulus," katanya, Minggu (9/1/2022).

Koordinator Komunitas Gusdurian Bojonegoro Hendro Sulistiyo menjelaskan, Gusdurian di Bojonegoro sudah melaksanakan roda-roda berjalannya komunitas. Yaitu dengan sembilan nilai utama Gus Dur atau salah satunya adalah keksatriaan.

"Karena itu, adanya komunitas ini sebagai realisasi dan menjaga keberagaman umat khususnya lintas agama. Sebab Indonesia ada karena keberagaman," jelasnya.(jk)

Kredit

Bagikan