Stasiun Bojonegoro Layani Pemeriksaan GeNose C19

user
samian 29 April 2021, 14:29 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Mulai 20 Maret 2021, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya menambah satu stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19. Salah satunya di stasiun Bojonegoro. Dimana sebelumnya tersedia di Stasiun Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, dan Lamongan.

"Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api dimasa pandemi ini," kata Manajer Humas Daop 8 Luqman Arif.

Layanan GeNose di Stasiun Bojonegoro tersedia mulai pukul 06.30 WIB sampai 17.30 WIB dengan biaya Rp 30.000. Layanan pemeriksaan GeNose C19 merupakan hasil sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada.

"Jadi untuk saat ini pelayanan GeNose C19 di wilayah Daop 8 Surabaya terdapat di tujuh stasiun yaitu Stasiun Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Lamongan, dan Bojonegoro," ujar Luqman.

Terdapat perubahan masa berlaku hasil negatif tes RT-PCR dan Rapid Test Antigen untuk naik KA jarak jauh dari sebelumnya maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan menjadi maksimal 1x24 jam.

Aturan tersebut berlaku untuk pelanggan KA jarak jauh keberangkatan periode 24 April sampai 5 Mei, dan 18 Mei sampai 24 Mei 2021. Adapun untuk hasil negatif dari pemeriksaan GeNose C19 masa berlaku tetap 1x24 Jam.

"Perubahan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 13 Tahun 2021 dan SE Kemenhub No 35 Tahun 2021," terangnya.

Luqman menambahkan, dengan adanya perubahan tersebut, diharapkan masyarakat dapat kembali mengatur waktu perjalanan atau pelaksanaan tesnya. Syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah pelanggan harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19. Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

"KAI mendukung penuh upaya pemerintah terkait pengetatan aturan pada periode pra dan pasca peniadaan mudik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tutup Luqman.(fin)

Kredit

Bagikan