Stok Darah di PMI Cepu Aman

user
teguh 29 Juli 2015, 10:40 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Darah golongan AB yang sempat langka keberadaannya, saat ini stok di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Cepu dinyatakan aman untuk kebutuhan masyarakat. Demikian juga golongan darah lain juga dinyatakan dalam kondisi aman.

"Stok darah AB sampai saat ini masih aman. Sebelumnya memang mengalami kelangkaan dan agak sulit untuk mendapatkannya," kata Yuli, Staf UTD PMI Cepu, Rabu (29/7/2015).

Dia menjelaskan, sampai hari ini stok darah tercatat 65 kantung darah. Dengan rincian, golongan darah A terdapat 8 kantung, golongan darah B terdapat 28 kantung, golongan darah O terdapat 22 kantung dan golongan darah AB terdapat 17 kantung darah.

Namun demikian, menurut Yuli, kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah masih rendah. Sehingga mengakibatkan seringnya PMI mengalami kekurangan stok darah. "Kesadaran masyarakat masih rendah," kata dia.

Untuk mengatasi kelangkaan itu, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum dari kampung ke kampung, instansi serta sekolah. "Kami sangat berharap partisipasi masyarakat," ungkapnya.

Sekadar diketahui, belum lama ini UTD PMI Cepu telah melakukan pengambilan darah pada siswa dan guru di salah satu sekolah ternama di Cepu. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Hari ini, UTD PMI Cepu juga melakukan pengambilan darah di SMK Negeri 1 Cepu.

"Disana juga ada kegiatan donor darah," katanya. (ams)

Kredit

Bagikan