PMI Lamongan Kehabisan Darah A dan B

user
teguh 23 Juli 2015, 18:21 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Totok Martono

Lamongan - Moment puasa dan libur lebaran membuat stok darah di PMI Lamongan menipis. Bahkan untuk darah golongan A dan B kondisinya kosong.

PMI sebenarnya sudah menyiapkan stok cukup banyak untuk mengantisipasi turunnya pendonor selama bulan puasa kemarin yang mencapai 60 persen. Namun karena ada peningkatan kebutuhan selama libur lebaran, stok yang tersedia sampai habis.

“Ini karena terjadi penurunan pendonor dan meningkatnya kebutuhan. Sehingga stok darah saat ini tidak terlalu banyak, “ ujar Kabag Humas dan Infokom Lamongan, Sugeng Widodo, Kamis (23/7/2015).

Sejak dua hari lalu, sebut dia, untuk darah golongan A dan B stoknya sudah habis sama sekali. Sedangkan untuk golongan AB masih tersedia 15 kantong dan golongan O masih ada 80 kantong.

Ditambahkannya, untuk mencukupi kosongnya stok darah golongan A dan B tersebut akan diupayakan dari PMI Surabaya. Juga, karena sudah mulai memasuki hari kerja, jumlah pendonor diperkirakan akan sudah mulai normal kembali.

Untuk meningkatkan jumlah pendonor, PMI secara rutin menyediakan snack, kaos dan beberapa souvenir kepada warga yang mau mendonorkan darahnya.(tok)

Kredit

Bagikan