Diserang Bulai, Petani Jagung Terancam Gagal Panen

user
nugroho 02 Januari 2015, 14:05 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Petani jagung yang berada di dua Kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, terancam gagal panen. Gara-garanya tanaman mereka saat ini diserang hama bulai.

Serangan hama bulai itu mulai menyerang tanaman jagung di wilayah Kecamatan Merakurak dan Kecamatan Montong. Hama bulai ini menyebabkan tanaman jagung berwarna putih yang dapat mengancam pertumbuhan jagung dan diperkirakan tidak bisa berbiji dengan maksimal.

"Tanaman jagung baru berusia satu bulan setengah, sekarang terkena putihan atau hama bulai," kata Parsani (57), salah satu petani yang berada di Kecamatan Merakurak, Selasa (2/1/2015).

Parsani mengatakan, sekarang tanaman jagung miliknya terancam gagal panen. Karena jagung yang warnanya berubah putih baik batang ataupun daunnya dipastikan tidak bisa berbiji dengan baik.

"Awalnya hanya satu dua tanaman, tetapi lama kelamaan menjalar dan mengenai tanaman lainnya," katanya menjelaskan.

Para petani mengaku tidak dapat berbuat banyak akibat serangan hama bulai. Kecuali mencabuti tanaman jagung yang masih muda untuk dijadikan pakan ternak. Kemudian diganti dengan tanaman lain seperti kedelai, cabai, ataupun kacang tanah.

"Dari pada dibiarkan saja justru akan merepotkan karena banyak biaya, mending diganti dengan tanaman lain," sambung Pujo, petani lain asal Kecamatan Montong.(edp)

Kredit

Bagikan