Menhut Minta SG Jaga Kelestarian Hutan Kawasan

user
nugroho 13 September 2012, 15:01 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.comEdy Purnomo

Tuban – Menteri Kehutanan (Menhut) RI, Zulkifli Hasan menyerukan kepada PT Semen Gresik (SG) untuk tetap berkomitmen menjaga kelestarian dan penghijaun hutan dikawasan pabrik dan sekitarnya.

“Kalau tidak hijau keterlaluan, untuk itu mari tanam dan pelihara pohon,” kata Zukifli Hasan usia penanda tanganan dan pengesahan nota kesepahaman untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup kawasan hutan antara PT SG dan Menteri Kehutanan di pabrik PT SG di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Tuban, Kamis (13/9/2012).

Ditambahkan, adanya pabrik semen yang berdiri saat ini adalah bukti kemajuan.  Karena semen selama ini digunakan untuk melakukan pembangunan. Sedangkan dengan dilihatnya pembangunan yang berjalan adalah indikasi adanya perekonomian yang tumbuh.

 “Selain ekonomi tumbuh, lingkungan juga harus tetap lestari,” tegas Zulkifli.

Dia menghimbau kepada masyarakat untuk menanam sebisa mungkin pohon dilahan yang kosong sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah yang menargetkan Indonesia Hijau pada 30 tahun kedepan.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut PT SG Dwi Soetjipto mengungkapkan, ucapan terima kasihnya kepada Menteri Kehutanan atas dukungannya untuk melestarikan lingkungan.

“PT SG akan tetap berkomitmen menjaga lingkungan sekitar sesuai dengan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani bersama,” sambung Dwi.

Ada beberpa item penting dalam nota kesepahaman yang ditandatangani bersama. Antara lain, PT SG akan melakukan pelestarian lingkungan hidup dikawasan hutan pinjam pakai, dan tanah hak milik masyarakat disekitar hutan pinjam pakai tersebut. Selain itu akan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) melalui peningkatan kapasitas yang meliputi organisasi kelompok, administrasi kelompok usaha produktif dan model kelompok.

“Karena kita akan berpegang pada tiga pilar PT SG. Yakni ekonomi, lingkungan dan sosial. Ini menjadi tanggungjawab sosial kita,” jelas Dwi usai menyebut nota kesepahaman tersebut.

Selain itu, PT SG juga memberikan bantuan 100 pohon yang terdiri dari pohon Mangrove dan Cemara laut untuk ditanam di pesisir pantai Jenu kepada pengelola Mangrove Center Tuban. PT SG juga merencanakan akan menanam 6.000 pohon, dan hingga 2012 ini telah menanam 200.000 pohon yang terdiri dari pohon mahoni, trembesi, sukun, nangka, dan sangon. (edp/suko)

Kredit

Bagikan