JOB Pertamina Didemo Ratusan Nelayan

user
nugroho 08 Juni 2012, 19:35 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Ratusan nelayan wilayah barat Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jatim, berunjuk rasa dengan memblokir jalan Tuban - Gresik dan mendatangi kantor Joint Operating Body (JOB) Pertamina, Jum’at (08/06/2012). Mereka menuntut agar tambat labuh di wilayah tersebut segera dibangun.

Aksi pendudukan Jalan Raya  Tuban - Panyuran itu diawali sekitar pukul 14.30  dengan hanya diikuti oleh sekitar puluhan massa saja. Namun selang beberapa menit kemudian  ratusan massa menyusul dan bergabung bersama untuk memblokir jalan.

Aksi itu dipicu terkait rencana pemasangan pipa minyak kedua yang akan dilakukan oleh Pertamina di perairan setempat. Namun nelayan setempat merasa selama ini sejak pemasangan pipa pertama pada tahun 1998 lalu mereka belum pernah merasakan kontribusi berarti.

Padahal sejak berdirinya stasiun minyak di Karangagung mempunyai dampak langsung kepada nelayan sekitar. Seperti kerusakan terumbu karang, matinya habitat laut sehingga menjadikan hasil tangkapan ikan mereka menurun disamping jaring nelayan yang sering rusak akibat pipa minyak tersebut.

Selain itu, para nelayan ini juga mempertanyakan bantuan dana sekitar Rp. 300 juta yang mereka ajukan untuk pembuatan tambat labuh pada bulan Januari 2012 lalu namun belum mendapatkan tanggapan pasti dari JOB Pertamina.

“Tuntutan kami agar tambat labuh segera dibangun untuk nelayan barat,” ungkap Kordinator Aksi, Sohib Ahmadi kepada beberapa wartawan.

Aksi yang digelar selama hampir 2 jam itu sempat diwarnai  tindakan represif dari massa dengan menggulingkan mesin diesel milik JOB Pertamina. Bahkan massa juga sempat mensweeping para pekerja yang sudah tidak ditempat operasi lagi.

Setelah melihat tidak ada lagi pekerja yang beroperasi, massa membubarkan diri dan mengancam apabila selama tiga hari tidak segera mendapatkan kejelasan, maka mereka akan menggelar aksi dengan massa yang lebih besar. Tak ada satupun perwakilan JOB Pertamina yang menemui massa.(suko)

Kredit

Bagikan