Penemuan Makam Misterius Gegerkan Warga Kedungsumber

user
Suko Nugroho Sbu 08 Agustus 2022, 13:47 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro – Penemuan makam misterius di tengah hutan turut BKPH Tretes, KPH Bojonegoro, menggegerkan warga Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Dari benda-benda yang ditemukan, diduga kuat makam tersebut dibuat untuk ritual pesugihan.

Tempat menyerupai makam yang diduga sebagai ritual pesugihan itu, berada di jarak sekira 100 meter dari Jalan Raya Bojonegoro-Nganjuk masuk ke dalam hutan. Ancar-ancarnya sekitaran “Warung Semok” turut Desa Kedungsumber.

Kepala Desa (Kades) Kedungsumber, Kardi mengatakan, pada makam tersebut terdapat, pasir pantai, batu kumbung, secangkir kopi, dan empat nisan. Pada empat nisan itu, dua nisan diselubungi kain mori sedang dua lainnya tanpa selubung. Serta dupa, dan sejumlah tanaman yang di tanam di tengah makam.

“Yang menjadi pemikiran masyarakat di wilayah kami ada dua dugaan, yaitu memang benar itu makam dan yang kedua hanya sebuah tempat untuk ritual. Karena tidak ada konfirmasi ke pihak wewenang dan warga sekitar bahwa akan dibangunnya makam tersebut,” ujar Kades Kardi kepada SuaraBanyuurip.com, Senin (8/8/2022).

Lestarikan Budaya, Warga Ledok Kulon Kirab Pusaka Ki Andong Sari Terpisah, Assisten Perhutani (Assper) Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tretes, Kuntoro saat dikonfirmasi via sambungan telepon menegaskan, bahwa pembuatan tempat yang diduga makam tersebut, tidak ada izin kepada pihaknya selaku pemangku wilayah hutan setempat.

“Pembuatan makam itu tanpa ada izin dari Perhutani. Dan jika adanya makam tersebut, membuat kegelisahan dihati masyarakat setempat, silakan dibongkar,” tegasnya.(fin)

Credits

Bagikan