Proyek Bendung Gerak Karangnongko Tahap Verifikasi Kepemilikan Lahan Warga Terdampak

user
Sasongko 23 Agustus 2022, 12:01 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Progres rencana proyek Bendung Gerak Karangnongko di Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, baru tahap verifikasi bukti kepemilikan lahan. Anggaran ganti untung warga terdampak telah disiapkan tahun 2022 ini.

Camat Margomulyo, Dyah Enggarini Mukti mengatakan, perkembangan Bendung Gerak Karangnongko baru tahap verifikasi bukti kepemilikan lahan warga terdampak.

"Kalau data warga yang terverifikasi belum ada yang pasti mengacu yang lama," katanya, Senin (22/2022).

Dia mengatakan, baru tahap verifikasi kepemilikan lahan setelah itu lahan milik warga terdampak baru diukur. Rencananya, pembebasan lahan pembangunan Bendung Gerak Karangnongko ditargetkan selesai tahun ini.

Dia mengatakan, data terbaru ada 282 warga di Desa Ngelo dan Kalangan yang terdampak pembangunan Bendung Gerak Karangnongko. Jumlah warga terdampak itu, sesuai pendataan yang dilakukan di lapangan.

Sehingga, lanjut dia, ada perubahan tidak sesuai di land acquisition and resettlement action plan (Larap) atau rencana aksi pembebasan lahan kemarin. Namun, warga Desa Ngelo dan Kalangan yang terdampak sudah diberikan sosialisasi dan akan diberikan ganti untung dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

"Untuk alokasi anggaran ganti untung sudah disiapkan di tahun ini dan 2023 mendatang. Namun, belum tahu berapa anggaran yang disiapkan," pungkasnya.(jk)

Credits

Bagikan