Bayi Temuan Warga Sumberarum, Tunggu Kejelasan Status

user
Sasongko 28 September 2022, 21:30 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Arifin Jauhari

Bojonegoro - Nasib bayi perempuan yang ditemukan warga Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, masih menunggu kejelasan status. Sementara banyak sekali warga yang ingin mengadopsi bayi yang ditemukan di bawah pohon kelor tersebut.

Saat ini bayi tersebut masih dalam penanganan pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dander. Sedangkan perkara ini juga masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.

Kapolsek Dander, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Jadmiko mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah langkah dalam menangani perkara dugaan pembuangan bayi. Diantaranya, melakukan kordinasi dengan Puskesmas Dander terkait perawatan bayi. Dan juga melakukan koordinasi dengan kader kesehatan desa dan bidan desa se Kecamatan Dander untuk mencari petunjuk terkait data perempuan yang hamil dan melahirkan di desanya masing-masing.

Termasuk melakukan pemeriksaan kebidanan di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Wahyu Tutuko terhadap seorang perempuan berinisial NMA (16), seorang pelajar yang fotonya beredar luas di meda sosial (status Whtasapp) dengan narasi bahwa NMA diduga yang membuang bayi tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan kebidanan di RS Bhayangkara Wahyu Tutuko tidak ditemukan tanda kalau saudara NMA habis melahirkan," katanya kepada SuaraBanyuurip.com, Rabu (28/09/2022).

"Kami juga melakukan kordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro terkait dengan penyerahan bayi ke Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, dan melakukan penyelidikan lebih lanjut," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Bojonegoro, Heru Sugiarto, mengungkapkan, bahwa pihaknya telah melakukan penjangkauan ke Puskesmas Dander, demi memastikan bayi mendapatkan penanganan kesehatan secara baik. Serta mendapatkan perlindungan sesuai haknya.

"Selain itu, nanti jika status bayi sudah jelas, atau orang tuanya sudah ditemukan, kami juga akan melakukan pendampingan. Saat ini perkaranya masih ditangani pihak Kepolisian," ujar Heru.(fin)

Kredit

Bagikan