Hujan Deras, Puluhan Rumah di Bojonegoro Terendam Banjir

user
Nugroho 11 November 2022, 20:36 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Hujan dengan intensitas tinggi terjadi selama satu jam menyebabkan rumah warga di Desa Kunci, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur terendam banjir. Setidaknya banjir merendam rumah warga dengan ketinggian mencapai 1,5 meter.

Salah satu warga Desa Kunci, Kecamatan Dander Rizkun Navi'a Darojah mengatakan, banjir terjadi pada sore tadi setelah terjadi hujan selama satu jam. Selain jalan poros desa sejumlah rumah warga juga terendam banjir.

"Sekitar 50 rumah yang terendam, saat ini masih proses pendataan," katanya, Jumat (11/11/2022).

Dia mengatakan, tinggi banjir yang merendam warga bervariasi ada yang selutut hingga dada orang dewasa. Bahkan, ada rumah yang jebol karena diterjang banjir.

Jalan di Desa Kunci, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, terendam banjir.
© 2022 suarabanyuurip.com/Joko Kuncoro

Rizkun menjelaskan, sejumlah warga yang terdampak banjir sebagian telah mengungsi. Namun, ada warga yang masih menyelematkan barang berharganya agar tidak terbawa banjir.

"Sebagian warga ada yang mengungsi sementara dan ada yang masih bertahan di rumah," katanya.

Dia mengatakan, kondisi saat ini banjir sudah berangsur surut. Dan harapannya segera surut agar aktivitas warga bisa kembali normal.

Selain itu, banjir juga merendam puluhan rumah warga Sumberarum, Kecamatan Dander. Ketinggian air bervariasi mulai dari semata kaki hingga betis orang dewasa.

"Air mulai masuk menjeleng Mahgrib," ujar Kanapianto, warga setempat.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memasih melakukan pemantauan dan pendataan untuk memastikan warga terdampak banjir.

"Banjir disebabkan air sungai meluap sampai ke rumah warga," ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Bojonegoro, Ardhian Orianto.(jk)

Kredit

Bagikan