Hujan Lebat Longsorkan Jalan Petani dan Rumah Warga

user
Sasongko 12 November 2022, 14:59 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Sami'an Sasongko

Bojonegoro - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, beberapa hari ini tak hanya menyebabkan bencana banjir. Kendati juga melongsorkan jalan petani dan tebing sungai membuat rumah warga nyaris roboh.

Jalan tani Dusun Ngembul, Desa Butoh, Kecamatan Ngasem, dan Rumah Sadi, warga RT 06, RW 02 desa setempat, Sabtu (12/11/2022) misalnya.

Rumah Sadi, warga RT 06, RW 02, Dusun Ngembul, Desa Butoh, Kecamatan Ngasem nyaris roboh karena tebing sungai longsor.
© 2022 suarabanyuurip.com/Sami'an Sasongko

Sadi mengatakan, hujan lebat yang terjadi pada Jumat (11/11/2022) kemarin sore menjadikan sungai banjir. Sehingga membuat tebing sungai longsor.

"Hujan kemarin sore cukup deras, membuat sungai banjir. Ketika sungai surut tebing longsor pagi tadi dan membuat rumah saya nyaris roboh," kata Sadi kepada SuaraBanyuurip.com, disela-sela memasang cerucuk penahan tanah.

Kasun Ngembul, Sugiyanto, saat mengecek lokasi jalan petani dekat makam yang rusak akibat tanah longsor.
© 2022 suarabanyuurip.com/Sami'an Sasongko

Sementara Kepala Dusun (Kasun) Ngembul, Sugiyanto mengaku, bencana tanah longsor ini tidak hanya nyaris merobohkan rumah warga. Namun juga merusak jalan petani dekat makam Dusun Ngembul.

"Jalan yang menjadi akses para petani dekat makam juga longsor. Sehingga membuat aktivitas petani terganggu," ujarnya.

"Kami sudah melaporkan kejadian bencana alam ini ke pihak terkait. Alhamdulillah sudah langsung dilakukan pengecekan dilokasi. Semoga ada solusinya yang terbaik," ujar Kepala Desa (Kades) Butoh, Edy Santoso.(sam)

Kredit

Bagikan