1.007 Rumah di Desa Ngadiluhur Balen Terendam Banjir, Ketinggian Capai 1 Meter

user
Sasongko 26 November 2022, 20:57 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Banjir merendam 1.007 rumah di Desa Ngadiluhur, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (26/11/2022). Banjir akibat luapan Sungai Pacal tersebut merendam tiga dusun dengan ketinggian air mulai 20 sentimeter hingga 1 meter.

Kepala Desa Ngadiluhur, Kecamatan Balen, Mad Muhargo mengatakan, banjir menerjang ribuan rumah di Desa Ngadiluhur semenjak dua hari lalu setelah terjadi hujan deras.

"Banjir merendam rumah, jalan desa, fasilitas umum hingga areal persawahan," katanya, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan, ada sebanyak 1.007 rumah di Desa Ngadiluhur yang terendam banjir. Rumah yang terendam banjir berada di Dusun Barek sebanyak 472 rumah, Dusun Susukan sebanyak 160 rumah, dan Dusun Jati sebanyak 375 Rumah.

Rumah warga Desa Ngadiluhur terendam banjir.
© 2022 suarabanyuurip.com/Joko Kuncoro

Mad Muhargo menjelaskan, ketinggian banjir air di setiap dusun berbeda-beda yakni mulai dari 20 sentimeter (cm) sampai 1 meter. Banjir juga merendam pekarangan rumah warga total 10 hektare dan areal persawahan seluas 15 hektare.

"Juga fasilitas umum seperti balai desa, 2 masjid, 4 musola, 2 sekolah, dan pondok pesantren terendam banjir," katanya kepada suarabanyuurip.com.

Dia mengatakan, untuk perkembangan saat ini debit air semenjak sore tadi mengalami kenaikan. Sementara jalan desa juga masih terendam banjir.

"Tentu harapannya air segera surut dan warga bisa beraktivitas seperti biasanya," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan