PMI Bojonegoro Penuhi Kebutuhan Darah di 11 Rumah Sakit

user
Nugroho 01 Desember 2022, 18:56 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - Joko Kuncoro

Bojonegoro - Stok kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Bojonegoro, Jawa Timur masih terbilang aman. Sebanyak 544 kantong darah untuk semua golongan tersimpan di kantor UDD PMI.

"Saat ini stok kantong darah masih tergolong aman," kata Kepala UDD PMI Bojonegoro dr.Imam Sutrisno.

Dia mengatakan, ada sebanyak 11 rumah sakit yang stok kantong darahnya dipenuhi PMI Bojonegoro. Diantaranya RSUD Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro, rumah sakit Singgahan, RSUD Jatirogo, RSUD Paciran Lamongan, RSIM Babat dan lainnya.

Meski mencukupi 11 rumah sakit di Bojonegoro dan sekitarnya kebutuhan kantong darah masih tergolong aman. Sebab, kata dia, masyarakat sudah sadar pentingnya mendonorkan darah karena saling membantu terhadap manusia yang membutuhkannya.

"Stok kantong darah masih aman. Saat ini ada sebanyak 544 kantong darah untuk semua golongan," katanya, Kamis (1/12/2022).

Dia mengatakan, semua stok golongan darah masih aman. Misalnya untuk stok kantong darah yakni golongan darah A sebanyak 148 kantong, B sebanyak 142 kantong, O sebanyak 150 kantong, dan AB sebanyak 104 kantong," katanya.

Imam mengatakan, pendonor darah sampai saat juga masih aktif. Sebab, selain PMI menerima donor darah secara langsung di kantor juga berkerjasama dengan berbagai elemen masyarakat.

"Misalnya seperti perguruan pencak silat PSHT dan Pagar Nusa serta lembaga sekolah dan puskesmas. Karena itu, stok kantong darah masih aman," katanya.(jk)

Kredit

Bagikan